Taliban Kembali Berkuasa di Afghanistan Setelah 20 Tahun Dikudeta AS

[PORTAL-ISLAM.ID]  KABUL - Taliban berhasil mengambil alih Ibu Kota Afghanistan, Kabul. Taliban telah menguasai Istana Kepresidenan setelah Presiden Ashraf Ghani melarikan diri ke Tajikistan.

Dilansir Aljazeera, Senin (16/8/2021) dini hari, menunjukkan para mujahidin Taliban tiba di Istana Kepresidenan di Kabul.

Mullah Abdul Ghani Baradar disebut-disebut akan memimpin pemerintah Afghanistan. Mullah Baradar adalah kepala Taliban Afghanistan yang pernah mengunjungi Jakarta bertemu Wapres Jusuf Kalla.

Taliban kembali berkuasa di Afghanistan setelah 20 tahun dikudeta oleh AS

20 tahun lalu, Pemerintahan Taliban digulingkan oleh Amerika Serikat karena dituduh melindungi pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden yang juga dituduh Washington mendalangi serangan terhadap menara kembar WTC, New York pada tanggal 11 September 2001.

Invasi AS dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2001 dengan secara mengejutkan sehingga pihak Taliban langsung keluar dari ibu kota Afganistan, Kabul sehingga pihak Amerika relatif cepat dan mudah menguasainya. 

Sejak 2001, pasukan Amerika dan negara sekutu yang lain seperti Britania Raya dan Jerman mulai menduduki Afganistan untuk menumpas Taliban dan mendirikan negara boneka Afghanistan.

Kini, Afghanistan kembali ke pangkuan Mujahidin Taliban.

Dan Amerika kembali terusir dari Kabul, seperti mereka terusir dari Saigon.