Jika Hari ini Gubnernurnya Masih AHOK, Apa Kampung Akuarium Tetap Akan Dibangun? ENGGAK AKAN!


Ditulis oleh Fachri Muchtar 
@fmuchtar_

Banyak yg bilang kalo Ahok yang menjabat kampung aquarium itu bakal tetep dibangun kayak gini. Padahal ya ENGGAK AKAN. Kenapa?

1. Ahok gak punya keberpihakan kepada kelompok masyarakat yang rentan, seperti warga bukit duri dan kampung aquarium.

2. Ahok merasa bahwa dirinya (atau pemprov DKI di zamannya) adalah sumber solusi tanpa mau mendengarkan warga terdampak. Menurutnya memberikan rusunawa (yg harus bayar juga! Gak gratis) di rawabebek adalah solusi buat warga bukit duri dan kp. Akuarium.

3. Alasan Ahok ingin menggusur Kp. Akuarium karena mau mengembalikan fungsi kawasan pasar ikan sebagai cagar budaya. Tapi rencananya gak jelas. Warga justru dibiarkan terlunta-lunta pasca digusur. Akibat ketidakjelasan tersebut, banyak yg menduga penggusuran warga kp. akuarium berkaitan erat dengan proyek reklamasi teluk Jakarta.

4. Berkaitan dengan poin nomor 2 yg sangat ahok sentris/pemprov sentris. Rasanya sekalipun tetap dibangun rusun disana tentunya akan sangat minim atau bahkan tanpa pelibatan warga terdampak sama sekali.

5. Saya sangat yakin, mulai dari rencana pembangunan sampai pengelolaan rusun akan dilakukan tanpa melibatkan warga. Jadi enggak mungkin kampung susun akuarium akan dikelola secara swadaya melalui koperasi seperti yang dilakukan saat ini.

Jadi jelas, Jika hari ini Gubernurnya masih Ahok, Kampung Akuarium gak akan dibangun kembali, warga tetap dipaksa tinggal di lokasi yg sudah disediakan Pemprov tanpa mau mengetahui suara warga. Sekalipun dibangun tentunya akan minim pelibatan warga dan berbeda dengan saat ini.

Suatu hal yang dilupakan oleh Ahok dan pendukungnya, bahwa ketika menggusur suatu kampung itu bukan sekedar memaksa orang pindah tempat tinggal, tapi juga memaksa kehidupan komunitas lokal yang sudah terbangun ikut pindah. Alih-alih pindah, kehidupan lokal itu akhirnya hancur.

Sekian ungkapan saya dari warga yang menyaksikan langsung bagaimana bukit duri digusur dan warga kp. akuarium survive dari penggusuran yang dilakukan oleh Pemprov DKI zaman Ahok.
Baca juga :