Erdogan mengatakan Turki siap bekerja sama dengan Taliban dan menyambut baik sikap moderat Taliban

[PORTAL-ISLAM.ID]  ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Ankara bersedia bekerja sama dengan Taliban setelah gerakan itu merebut kekuasaan di Afghanistan.

"Turki siap untuk semua jenis kerja sama untuk perdamaian di Afghanistan, kesejahteraan rakyatnya dan perlindungan kepentingan Turki," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada wawancara TV yang disiarkan langsung Rabu malam (18/8/2021).

“Tidak peduli siapa yang ada di pemerintahan, berdiri dengan Afghanistan di saat-saat baik dan buruk adalah bukti persaudaraan,” tambah Erdogan.

Turki sangat menyambut baik pernyataan moderat yang dibuat oleh para pemimpin Taliban, kata Erdogan.

Dia mengatakan kehadiran militer Turki di Afghanistan akan memperkuat tangan pemerintahan Kabul yang baru di arena internasional.

Pemimpin Turki itu mengatakan bahwa dia kemungkinan akan berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir pekan terkait situasi di Afghanistan.

Erdogan juga menyampaikan ada kemungkinan untuk bertemu dengan pemimpin Taliban.

"Seperti yang pernah kami sampaikan, mungkin saja akan ada pertemuan kami dengan pemimpin Taliban," kata Erdogan.

Taliban pada hari Minggu merebut ibu kota Kabul, dengan Presiden Ashraf Ghani dan pejabat penting lainnya melarikan diri dari negara itu. 

[Video - Wawancara Erdogan]