Bambang Widjojanto: Mati Ketawa ala Pimpinan KPK, Eks Koruptor direkrut untuk jadi Penyuluh

[PORTAL-ISLAM.ID] Eks pimpinan KPK Bambang Widjojanto tak habis pikir dengan pimpinan KPK saat ini, Firli cs.

"Mati Ketawa ala Pimpinan KPK. Eks Koruptor direkrut untuk jadi Penyuluh. Tapi, Insan KPK yang berjasa jebloskan koruptor justru di TWK kan & dihabisi. Apakah kita sedang ditinggikan-kedunguannya?" kata Bambang Widjojanto alias BW melalui akun twitternya @KataBewe, Sabtu (21/8/20231).

Dalam twitnya BW menyertakan tautan berita media "KPK Akan Gandeng Eks Koruptor untuk Jadi Penyuluh Edukasi Masyarakat."

KPK berencana untuk merekrut mantan napi korupsi untuk menjadi penyuluh anti-korupsi. Hal ini bagian dari upaya KPK memberikan edukasi mengenai pendidikan anti-korupsi kepada masyarakat.

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana, menyebut pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke Lapas Sukamiskin dan Lapas Tangerang guna menyeleksi napi.

Bukan asal narapidana, kata Wawan, pihaknya hanya memilih napi korupsi yang berkelakuan baik dan hampir rampung menjalani masa hukumannya di lembaga pemasyarakatan (Lapas).

"Jadi perlu dijelaskan juga itu yang pertama kegiatannya adalah sosialisasi, sosialisasi kepada mereka narapidana yang selektif sebetulnya yang ada dua tahun lagi akan keluar, ada beberapa bulan lagi akan keluar gitu ya, memang sudah menjalani hukumannya itu tinggal sebentar lagi lah," ujar Wawan kepada wartawan, Jumat (20/8/2021).

Dari proses seleksi itu, Wawan menyebut ada sejumlah napi yang menyatakan berminat. 

Wawan menyebut bahwa para napi itu nantinya diberikan tugas berupa sosialisasi soal apa itu korupsi dan bagaimana dampaknya kepada masyarakat luas. Para napi, kata dia, akan memberikan testimoni mereka soal korupsi yang nantinya akan dijadikan pembelajaran bagi masyarakat luas.

"Nah testimoni itu yang akan dijadikan pembelajaran tentunya untuk semua orang termasuk penyelenggara dan lain-lain," ungkapnya.