Viral Poster Jokowi-Rektor UI: 'Kalian Boleh Malu, Tapi Kami Tak Punya Malu'

[PORTAL-ISLAM.ID] Kelakuan Presiden Jokowi dan Rektor UI yang menghalalkan segala cara untuk bisa rangkap jabatan telah mendapat cibiran dan kecaman luas.

Anggota DPR Fadli Zon yang merupakan alumni UI menyatakan sungguh memalukan kelakuan Jokowi dan Rektor UI itu.

Namun netizen menanggapi "Rektor UI dan Jokowi Mana punya malu?", seraya mengunggah poster wajah Jokowi dan Rektor UI dengan tulisan 'Kalian Boleh Malu, Tapi Kami Tak Punya Malu'.

Poster ini mengingatkan dengan sabda Nabi Muhammad SAW.

 إن مما أدرك الناس من كلام النبوة الأولى : إذا لم تستحي ، فاصنع ما شئت

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya perkataan yang diwarisi oleh orang-orang dari perkataan nabi-nabi terdahulu adalah: ‘Jika engkau tidak malu, perbuatlah sesukamu’.” (HR. Bukhari no. 3483)

Sabda beliau: “Sesungguhnya perkataan yang diwarisi oleh orang-orang dari perkataan nabi-nabi terdahulu”, menunjukkan bahwa ungkapan yang akan beliau sebutkan setelahnya, diwarisi dari para nab-nabi terdahulu, dan bahwasanya orang-orang senantiasa menyebarkan dan mewarisinya dari zaman ke zaman. Ini juga menunjukkan bahwa kenabian pada masa dulu datang membawa ajaran yang terkandung dalam ungkapan ini, lalu tersebar luas dikalangan manusia, hingga sampai pada zaman generasi pertama umat ini (para sahabat).

Sabda beliau: ‘Jika engkau tidak malu, perbuatlah sesukamu’

Makna ungkapan ini “Perbuatlah sesukamu” tidaklah bermaksud sebagai kata perintah, namun bermaksud sebagai celaan dan larangan dari berbuat sesukanya.

Barangsiapa yang tidak lagi memiliki rasa malu, ia akan berbuat sesukanya, sebab yang menghalanginya untuk berbuat keburukan adalah rasa malu, barangsiapa yang tidak lagi memiliki rasa malu, pasti akan terjerumus dalam setiap amalan keji dan mungkar. 

Na'udzubillah min dzalik.