Ketua Satgas Covid-19 Apresiasi Anies yang Buka Posko Tabung Oksigen di Monas

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua satgas penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Zubairi Djoerban mengapresiasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang membuka posko isi ulang oksigen di area Monumen Nasional atau Monas.

“Posko oksigen di Monas merupakan langkah taktis, dan saya amat mengapresiasi Mas Anies Baswedan dalam hal ini,” kata profesor Zubair via Twitter-nya, Senin (5/7/2021).

Dia menilai, sejauh ini masyarakat kesulitan mendapatkan tabung oksigen setelah kasus covid terus naik.

“Stok oksigen adalah hal yang paling mendesak. Pasien Covid-19 dalam bahaya jika kekurangan oksigen–saat kondisinya sedang memburuk,” ujarnya.
Diketahui, Pemprov DKI Jakarta membuka posko isi ulang tabung oksigen di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan posko ini diperuntukkan bagi rumah sakit (RS) mengambil stok oksigen.

“Sudah sejak 10 hari yang lalu, kita memang koordinasi terus. Nah di sini di Monas disiapkan posko oksigen sehingga rumah sakit-rumah sakit itu yang membutuhkan dan ada kebutuhan ekstra bisa ke sini kemudian nanti oleh tim akan diambilkan oksigen dari beberapa lokasi,” kata Anies, Senin (5/7/2021).
Anies menyampaikan nantinya tabung oksigen yang kosong akan dibawa ke Cilegon, Banten, untuk diisi ulang. Pemprov DKI bekerja sama dengan PT Krakatau Steel, yang mengalokasikan sekitar 300 tabung berukuran 6 m³ setiap hari.

“Jadi RS bawa tabung, kemudian tabung itu akan kita kirim untuk diisi nanti RS yang ambil di sini, supaya RS tidak harus pergi ke tempat yang jauh,” jelasnya. (fin).