Di Hadapan China, Emang Indonesia Bisa APA???

Emang Bisa Apa???

Banyak Netizen yang heboh dengan berita 20 TKA China mendarat di Bandara Sultan Hasanudin - Makassar.

*Lho, bukannya lagi PPKM Darurat?
Jawab: Yang darurat itu Pulau Jawa & Bali

*Khan mereka datang dari Luar Negeri (China)?
Jawab: Nggak ! mereka datang dari Penerbangan Domestik ( Jakarta ), dan mereka sudah jauh-jauh dari datang dari China via Bandara Soekarno Hatta, dan lalu sudah menjalani menjalani karantina 14 hari.

*Apa gak bisa, kedatangan mereka ditunda?

Jawab : Soal bisa 'sih ya bisa saja... Tetapi itu harus konsensus/kesepahaman antara Pemerintah Indonesia DENGAN INVESTOR YANG MEMBAWA TENAGA KERJA ASING tersebut.

Dengan kata lain, semisal Investor ngotot untuk terus lanjut disertai argumen-argumen yang relevan didukung dengan dasar hukum seperti regulasi investasi dan perjanjian-perjanjian, MAKA Pemerintah Indonesia tidak bisa menolak!

Sekedar Informasi: 20 TKA China yang baru datang itu bekerja pada salah satu proyek strategis nasional (PSN) di Bantaeng, Sulsel. Mereka bekerja di smelter PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia.

Imigrasi: 20 TKA China ke Sulsel untuk Kerja di Proyek Strategis Nasional

*Emang mesti begitu itu itu ya?! Banyak bawa TKA dari negeri asal?

Jawab: Ya tergantung skema investasinya. Kalau skemanya Turnkey Project, mereka Investor berhak untuk untuk membawa bahan baku proyek sekaligus tenaga kerjanya dari negara asalnya. Dan proyek-proyek era Jokowi banyak yang Turnkey Project dengan China.

*Bisakah Pemerintah RI sewaktu-waktu membatalkan skema perjanjian macam turn key project di atas?

Jawab: Soal bisa, ya bisa-bisa saja.... TETAPI PERTARUHANNYA MAHAL !!! 

Mahal di biaya (denda) jika sampai dibawa ke Badan Arbitrase Internasional.

Sekedar contoh saja, Mahathir Mohamad (sewaktu menjadi PM Malaysia) AKHIRNYA memutuskan untuk melanjutkan pembangunan Proyek China (warisan pemerintah sebelumnya) KARENA terancam denda yang sangat besar jika sampai menghentikannya.

Terancam Denda Rp71 T, Malaysia Lanjutkan Proyek China

***

GIMANA? teman-teman sudah pada bengong belum? 😅😄

Lanjutkan bengongnya dengan berita di tahun 2015 ini, yang banyak  proyeknya adalah dengan Skema Turn Key Project :

[2015] Tiongkok Sapu Bersih Proyek Infrastruktur Indonesia 

***

ITULAH yang saya selalu bilang, sesiapapun tokoh yang dikenal publik sebagai tokoh hebat (mau Anies, mau Ganjar, mau Prabowo, DLL) YANG KELAK AKAN MENGGANTIKAN Jokowi, relatif tidak akan mampu berbuat banyak! 

Meski saya juga sering katakan, ya setidaknya MARI KITA PILIH PRESIDEN yang punya potensi tidak memperparah dan tidak memperpuruk kondisi Bangsa Indonesia!

(By Tara Palasara)