VIRAL VIDEO... TKA Cina Dikabarkan Digebukin

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sebuah video viral di sosial media Twitter. Netizen yang mengunggah video menyebut ada TKA China digebukin. Kejadian di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, baru-baru ini.

"Kejadian kemarin sore di MOROSI. SULTENG. TKA cina digebukin," tulis akun @Ceuceu_Corason yang mengunggah video di twitter, Selasa, 8 Juni 2021.

Seperti diketahui, di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, memang banyak TKA China. Morosi adalah kawasan pertambangan. 

Republika pada 2 Juli 2020 memberitakan: "261 TKA China Tiba di Kawasan Tambang Morosi Konawe" di masa pandemi.

"Sebanyak 261 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal negara China, kini berangsur masuk di kawasan pertambangan Morosi, kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara, meski mendapat penolakan dari sejumlah kelompok masyarakat."
 
https://www.republika.co.id/berita/qcu7yz382/261-tka-china-tiba-di-kawasan-tambang-morosi-konawe

Jawa Pos pada 2 Januari 2017 melakukan investigasi "Mengunjungi Desa Morosi, Kabupaten Konawe, yang Mendadak Tiongkok".

Dalam liputannya, Jawa Pos menulis: "SECARA kasatmata, begitu banyak TKA yang menjadi buruh di Konawe. Area di sekitar Kawasan Industri Konawe saat sore, ketika jam pulang kerja, serasa satu perkampungan yang berada di Tiongkok. Di warung-warung orang bercakap Mandarin.

Pun demikian halnya di pasar, orang tawar-menawar dalam bahasa Mandarin. 

Data yang disebutkan perangkat Desa Morosi, tercatat 1.913 warga negara asing (WNA) yang bekerja di kawasan industri itu. Mayoritas bekerja di proyek smelter nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Mereka tinggal di barak penampungan dalam kawasan proyek penanaman modal asing asal Tiongkok tersebut. Sebagai catatan, pembangunan smelter itu menelan dana lebih dari Rp 62 triliun."


Berikut video yang diunggah netizen:
Baca juga :