Prabowo Buat Terobosan Atasi Kebuntuan Modernisasi Alutsista

[PORTAL-ISLAM.ID] Masyarakat harus berpikir positif dengan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020-2024 (Alpalhankam).

Sebab, menurut anggota Komisi I DPR RI Effendi MS Simbolon, rancangan itu pada dasarnya adalah terobosan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam melakukan modernisasi alutsista.

"Bagaimanapun, saya melihat terobosan dari Menhan mengatasi kebuntuan dalam modernisasi TNI," kata Effendi di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Meski begitu, ia berharap semua rancangan anggaran itu dibuat akuntabel, transparan dan jelas pertanggungjawabannya.

"Tapi di lain sisi kita perlu keterbukaan, akuntabel, dan semuanya harus terpapar dengan baik," pungkasnya.

Seperti ramai diberitakan, Kemenhan RI berencana membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Rencana itu tertuang dalam rancangan Perpres tentang Alpalhankam tahun 2020-2024.

Dalam rancangan perpres itu tertulis Menteri Pertahanan Prabowo Subianto adalah orang yang merancang kebutuhan Alpalhankam Kemenhan dan TNI.

Angka yang dibutuhkan untuk membeli alutsista mencapai 124.995.000 dolar AS, yang jika dikonversikan sekitar Rp 1.788 Triliun.

Kemudian pada rancangan ini juga disebutkan skema pengadaan alutsista melalui kredit eskpor (KE) dari negara Qatar.