PANIK...!! Usai Kritik Jokowi, Akun Pengurus BEM UI Diretas

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kritikan BEM UI yang menyebut Presiden Jokowi "the king of lip service" berujung pada peretasan. Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra mengatakan, pada Minggu (27/6) dan hari ini, Senin (28/6) telah terjadi peretasan akun media sosial beberapa pengurus BEM. 

Leon mengatakan tercatat ada 4 upaya peretasan yang terjadi. 

"Pertama, pukul 00.56, akun WhatsApp Tiara (Kepala Biro Hubungan Masyarakat BEM UI 2021) tidak dapat diakses dan tertulis bahwa akun tersebut telah keluar dari telepon genggam Tiara, hingga saat ini akun WhatsApp Tiara belum dapat diakses kembali," kata Leon pada kumparan, Senin (28/6/2021). 

Peretasan yang kedua terjadi pada pukul 07.11 WIB yang menimpa akun WhatsApp Yogie yang merupakan Wakil Ketua BEM UI. Leon mengatakan, akun WhatsAppnya tidak bisa diakses dan muncul notifikasi akun tersebut sudah digunakan di HP yang lain. "Pada 07.20 WIB akun tersebut sudah bisa digunakan lagi," kata Leon. 

Kemudian, pada pukul 02.15 WIN, terdapat usaha login dari pihak tidak dikenal kepada akun telegram Koorbid Sosial Lingkungan BEM UI, Naifah Uzlah.

"Terakhir, pada pukul 21.45 WIB akun instagram Syahrul Badri (Kepala Departemen Aksi dan Propaganda BEM UI) mengalami 'restriction' setelah mengunggah beberapa postingan di insta-story menyangkut surat pemanggilan fungsionaris BEM UI oleh pihak UI," kata Leon. 

Akun instagram Syahrul Badri hingga saat ini masih ada. Namun sampai saat ini pemilik akun belum bisa menggunakan akun tersebut seperti biasa.

Leon mengatakan BEM UI mengecam peretasan tersebut. Apalagi peretasan dilakukan setelah BEM UI sebut Jokowi the king of lip service. 

"Dengan ini kami mengecam keras segala bentuk serangan digital yang dilakukan kepada beberapa pengurus BEM UI 2021," tutup Leon. [kumparan]