Kinerja Top! Anies Lampaui TARGET Vaksinasi yang Diberikan Presiden Jokowi

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan cakupan layanan vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta saat ini sudah mencapai rata-rata 130.000 orang per hari atau sudah melebihi target yang diberikan Presiden Jokowi.

Hal itu guna mencapai target pemerintah sebanyak 7,5 juta warga DKI mendapat vaksin Covid-19 hingga Agustus 2021.

"Target di Jakarta adalah 7,5 juta (warga) di akhir bulan Agustus. Ketika mendengar 7,5 juta, artinya harian kita harus 100 ribu per hari. Alhamdulillah, sekarang Jakarta rata-rata di atas 130 ribu vaksinasi per hari," kata Anies saat meninjau sentra vaksin di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (28/6/2021).

Anies menjelaskan bahwa ada dua unsur terpenting dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yakni pasokan (supply) dan kebutuhan (demand) dari warga yang mau divaksin.

Oleh karena itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengapresiasi seluruh pihak yang berkolaborasi dalam percepatan vaksin, salah satunya di Sentra Vaksin Bentara Budaya yang dilakukan oleh Kompas Gramedia.

Sentra vaksin tersebut menyasar hingga 10 ribu pekerja media hingga beberapa hari ke depan.

"Harapannya dua sisi bisa sinergis. Kalau kita menyiapkan vaksin untuk 10 ribu orang tapi yang datang hanya 2.000, maka capaiannya hanya 2.000 walaupun vaksinnya ada 10 ribu. Kuncinya adalah menghadirkan warga untuk mendapatkan vaksin," kata Anies.

Senada dengan itu, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan saat ini rata-rata harian vaksinasi di beberapa wilayah paling tinggi berada di DKI Jakarta.

Ia pun optimistis Ibu Kota bisa mencapai target kekebalan kelompok (herd immunity) pada Agustus mendatang.

"Kami akan 'support' Gubernur Anies Baswedan kalau bisa Agustus ada hadiah kemerdekaan, sudah mendekatkan 'herd immunity' 70 persen, termasuk Jabodetabek kita akan 'all out' untuk membantu Ibu Kota kita," kata Maxi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Juni lalu meminta pemprov DKI Jakarta untuk bisa melakukan vaksinasi 100.000 per hari.

Jokowi mengungkapkan target 100.000 per hari itu diberikan lantaran pemerintah ingin mencapai herd immunity atau kekebalan komunal.

"Kita harapkan DKI Jakarta mulai minggu depan satu hari target yang kita berikan 100.000 bisa dicapai," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Waduk Pluit, Jakarta, Senin (14/6/2021).

"Kita harapkan jumlah yang tadi sudah kita targetkan di bulan Agustus nanti sudah bisa mencapai kekebalan komunal dan kita harapkan penyebaran Covid-19 di Jakarta bisa kita hambat dan kita kurangi. Saya kira itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini," kata Jokowi.

"Saya tadi sudah berbicara dengan menkes dengan gubernur DKI Jakarta untuk manajemen pelaksanaannya dan persiapan jumlah vaksinnya dan dari hitung-hitungan saya kira Insya Allah semuanya lancar. Terima kasih," tutupnya.

(Sumber: Tempo, CNBCIndonesia)