Andaikan PRABOWO vs ANIES Pada Pilpres 2024 – SIAPA YANG MENANG?

Andaikan PRABOWO vs ANIES Pada Pilpres 2024 – SIAPA YANG MENANG?

Oleh: Darby Jusbar Salim (NKS Consult)

Pilpres 2024, memang terhitung masih lama, tapi saat ini jagad perpolitikan sudah diramaikan oleh nama-nama Calon Presiden. Hal ini dipertegas melalui survey elektabilitas. Nama-nama yang muncul seputar beberapa tokoh saja, yang elektabilitasnya tinggi adalah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Menyusul Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Agus Harimurti, Gatot Nurmantyo dll.

Bila melihat tanggapan masyarakat terutama dari para pendukung dua tokoh yang menonjol saja,  Menhan Prabowo dan Gubernur Anies. Dari kalangan pendukung Prabowo, rata-rata menyatakan bahwa sebaiknya Anies jangan mencalonkan diri dulu, fokus memimpin DKI Jakarta untuk satu periode lagi, baru mencalonkan pada Pilpres 2029. Sementara kalangan pendukung Gubernur Anies Baswedan menyatakan bahwa inilah saatnya Anies memimpin negeri ini, dan Menhan Prabowo sebaiknya tidak mencalonkan diri lagi, sudah beberapa kali mengikuti Pilpres belum pernah menang.

Kalau mau jujur, kita tidak berhak membatasi hak konstitusional siapa pun yang ingin jadi Capres pada Pilpres 2024. Semua berhak mencalonkan diri sepanjang memenuhi persyaratan. Andaikan tahun 2024,  Prabowo Subianto berhadapan dengan Anies Baswedan, andainya Prabowo dipasangkan dengan Puan Maharani diusung oleh PDIP, Gerindra dll, berhadapan dengan Anies Baswedan yang dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono yang diusung oleh Partai Demokrat dll, siapa yang akan menang?

Siapapun yang memenangkan Pilpres ini, pemenangnya adalah rakyat Indonesia. Dua sosok ini, baik Prabowo atau pun Anies Baswedan, sama-sama amanah, memiliki leadership dan integritas yang kuat. Punya keberpihakan yang kuat terhadap masyarakat lapisan bawah, punya kemampuan melakukan perbaikan terhadap kondisi bangsa dan negara. 

Jadi siapa pun yang memenangkan Pilpres antara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan bila keduanya Capres 2024, kedua tokoh tersebut sama-sama memberikan kebaikan bagi masa depan bangsa dan negara ini. Siapa pun yang menang, akan saling menghormati dan memuliakan. Bila Prabowo yang menang mungkin Anies akan diajak bergabung demikian pula sebaliknya.

23/06/2021