Turki Mengusulkan Kekuatan Militer Untuk Melindungi Palestina

[PORTAL-ISLAM.ID]  Dalam pertemuan darurat Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada hari Minggu (16/5/2021), Turki mengajak negara-negara Muslim untuk saatnya menunjukkan persatuan dan kebulatan tekad mendukung Palestina. Turki juga siap mengambil langkah apa pun yang diperlukan dalam menanggapi eskalasi terbaru di Palestina. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu.

Dalam pertemuan darurat yang membahas serangan Israel ke Palestina itu, Cavusoglu mengatakan Israel juga menargetkan pers dan setengah dari mereka yang kehilangan nyawa di Gaza adalah perempuan dan anak-anak.

Dia juga mengatakan komunitas internasional memiliki tanggung jawab untuk melindungi warga sipil Palestina dan OKI punya tanggung jawab besar dalam hal ini.

Dia juga menyinggung pentingnya mekanisme perlindungan internasional terhadap warga sipil Palestina sejalan dengan resolusi Majelis Umum PBB 2018.

Dia menekankan, mekanisme ini bisa dibentuk dengan kontribusi Finansial dan Militer negara-negara donor. Cavusoglu juga menekankan pejabat politik dan militer Israel yang terbukti bersalah melanggar hak-hak rakyat Palestina harus bertanggung jawab. Dalam hal ini, lanjutnya, Pengadilan Pidana Internasional (ICC) memiliki peran khusus.

“Kita harus berpihak pada keadilan dan kemanusiaan. Seharusnya tidak ada lagi pertimbangan. Ini saatnya menunjukkan persatuan dan ketegasan kita. Umat (komunitas Muslim) berharap kepemimpinan dan keberanian kita, dan Turki siap mengambil langkah apa pun yang diperlukan,” jelasnya, dikutip dari Anadolu, Senin (17/5/2021).

[Video - Cuplikan pernyataan Menlu Turki]