[BREAKING NEWS] Sadiq Khan Kembali Menang, London Bakal Dipimpin Lagi Muslim

[PORTAL-ISLAM.ID]  Politikus Partai Buruh, Sadiq Khan, terpilih kembali sebagai wali kota London. Ia berhasil mengalahkan pesaingnya dari partai Konservatif, Shaun Bailey, dalam pemilihan kepala daerah London.

Khan merupakan wali kota beragama Islam pertama di London ketika pertama kali terpilih pada 2016. Dalam pemilihan tahun ini, Khan berhasil mengantongi lebih dari 1,2 juta suara.
Dalam pidato kemenangannya Khan mengatakan bahwa selama masa jabatan keduanya dia akan fokus pada membangun jembatan antara komunitas yang berbeda, seperti dikutip dari SkyNews, Ahad, 9 Mei 2021. (video dibawah)

Dia ingin memastikan London dapat memainkan perannya dalam pemulihan nasional dan membangun masa depan yang lebih hijau dan lebih cerah. Ia juga menjanjikan membuka lapangan pekerjaan dalam rangka mengatasi krisis dan dampak dari Brexit, yang dapat mengancam sektor keuangan penting ibu kota.

Sebagai seorang muslim dan wali kota, Khan pernah terlibat perang kata-kata yang luar biasa dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Khan mengkritik larangan perjalanan kontroversial Trump terhadap orang-orang dari negara-negara Muslim tertentu.

Sebagai balasan, Trump menuduh Khan melakukan pekerjaan yang sangat buruk dalam melawan terorisme dan menyebutnya sebagai pecundang batu dingin dan aib nasional.

Sadiq Khan adalah wali kota ketiga London setelah Labour's Ken Livingstone (2000-2008) dan Boris Johnson (2008-2016). Beredar spekulasi jika dia bisa mencoba mengikuti jejak pendahulunya (Boris Johnson) menjadi Perdana Menteri Inggris. 

[Video - Pengumuman KPU London atas Kemenangan Sadiq Khan]

Baca juga :