Jenderal Israel Akui Roket Hamas Makin Kuat dan Akurat

[PORTAL-ISLAM.ID]  TEL AVIV - Seorang jenderal Israel mengatakan, pertempuran terakhir di “front Jalur Gaza” terbukti Hamas berkembang pesat di sektor jarak roket dan akurasinya.

Channel 12 Israel mengutip dari jenderal Israel yang bekerja di sistem pertahanan udara tersebut mengatakan bahwa Hamas mengembangkan sistem rudalnya dari segala bidang baik di bidang jarak tempuhnya, penambahan hulu ledak dan akurasinya.

Jenderal Israel itu menambahkan, “Kami mengamati bahwa perkembangan kemampuan melepaskan roket ke titik tertentu di Israel dan keberhasilan melepaskan roket ke titik tertentu yang diinginkan. Mereka sudah bisa mengoreksi akurasi baterai roket.”

Jenderal menyebutkan bahwa tantangan terberat adalah ketika puluhan hingga ratusan roket dilesakkan ke sejumlah wilayah serentak. Sementara Kubah Besi (Iron Dome) Israel hanya bisa menghalau 90% dari roket, klaim jenderal Israel ini.

Jenderal penting Israel ini menambahkan bahwa rahasia keberhasilan menghadang roket Jalur Gaza adalah pantauan sistem militer Israel sejak lama untuk percobaan yang dilakukan Hamas ke arah laut.

Pejabat intelijen Israel berinisial R di lapangan menyatakan bahwa sistem roket Hamas menyebar di sepanjang Jalur Gaza dan wilayah bentangannya.

Ia membahkan, pelepasan roket dilakukan sejumlah cara, namun semua didasarkan kepada teknik intens yang ditentukan sendiri oleh Komandan Al-Qassam Mohammad Deif langsung.

Israel mengaku telah berhasil merekam peluncur roket dan sekarang sedang dipelajari Israel.

Israel memperkirakan bahwa Hamas memiliki roket jarak jauh dengan jumlah ratusan. Israel juga mengklaim bahwa Hamas berhasil melepaskan 4600 roket sehingga mengganggu kehidupan sebagian besar warga Israel. (pip)