Imam Masjidil Haram Syeikh Baleelah Diserang Saat Khotbah Jumat

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sebuah insiden terjadi di Masjidil Haram, Makkah, saat Syeikh Bandar Baleelah sedang khotbah salat Jumat (21/5/2021). Seorang pria tiba-tiba mencoba memasuki area mimbar khatib.

Pria berbaju ihram seperti jemaah umrah pada umumnya itu tampak setengah berlari saat menuju area mimbar. Dia mencoba menaiki anak tangga mimbar yang cukup tinggi itu.

Mimbar itu terletak di area mataf (tempat tawaf) di dekat Ka’bah dan merupakan mimbar beroda alias mobile. Mimbar ini biasa diletakkan di sana sebagai tempat khatib menyampaikan khotbah salat Jumat.

Aksi pria itu terekam lewat video. Hanya saja gambar video yang diunggah di Twitter tampak buram. 

Namun jika diperhatikan dengan saksama, dalam video itu terlihat seorang pria tiba-tiba berlari dari kerumunan jemaah umrah di area mataf dan mencoba menaiki anak tangga mimbar. 

Namun, dengan sigap petugas keamanan yang berjaga segera menangkap dan menahannya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.24 waktu setempat atau 16.24 WIB, Jumat (21/5/2021).

Pemerintah Provinsi Makkah lewat Twitter mengatakan bahwa petugas telah mengamankan seseorang yang mencoba menaiki mimbar saat khotbah sedang berlangsung. 

“Prosedur hukum terhadapnya sedang diselesaikan,” tulisnya.

Insiden itu tidak menganggu jalannya ibadah. Khotbah oleh Syeikh Bandar Balelaah -- salah satu imam Masjidil Haram -- tetap berlanjut. Salat Jumat yang juga dipimpin Syeikh Bandar Baleelah juga berakhir dengan tertib.

[Video]
(Kumparan)