Catat! Hakim Akan Sampaikan Putusan (Vonis) Kasus Kerumunan Habib Rizieq Besok Hari Kamis

[PORTAL-ISLAM.ID]  Jakarta - Habib Rizieq Shihab akan segera mendengarkan putusan yang diberikan hakim dalam kasus kerumunan Petamburan-Megamendung. Putusan dijadwalkan akan dibacakan pada hari Kamis (27/5/2021).

"Kita jadwal dulu hari Kamis tanggal 27 Mei untuk pembacaan putusan," ujar Hakim Ketua Suparman Nyompa dalam persidangan, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Kamis (20/5/2021) pekan lalu.

Diketahui, dalam persidangan ini Habib Rizieq telah membacakan pleidoi (nota pembelaan) terkait tuntutan yang diberikan jaksa dalam kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung. Sidang lantas langsung dilanjutkan dengan pembacaan replik yang merupakan tanggapan jaksa atas pleidoi.

Tidak hanya itu, hakim juga melanjutkan sidang dengan mendengarkan duplik atau tanggapan Habib Rizieq atas replik jaksa. Hakim lantas meminta waktu untuk majelis bermusyawarah sebelum memberikan putusan.

"Selanjutnya giliran majelis hakim berpendapat, disini kan sudah berpendapat semua, kemudian giliran majelis hakim akan menuangkan pendapatnya dalam putusan, kami butuh waktu untuk bermusyawarah kemudian mempelajari ulang kembali dan menyusun putusannya," kata Hakim.

Menanggapi jadwal yang diberikan, Habib Rizieq mengaku pada hari yang sama dengan putusan dirinya juga dijadwalkan persidangan lain. Sidang tersebut merupakan perkara kasus swab RS UMMI, dengan agenda pemeriksaan saksi.

"Sidang hari Kamis di sidang yang lain pemeriksaan terdakwa sekaligus saksi mahkota khawatir akan terlalu panjang," kata Habib Rizieq.

Namun, Hakim tetap menjadwalkan sidang putusan pada Kamis. Hakim mengatakan pihaknya dapat membaca putusan secara singkat.

"Kami ada teknis pembacaannya bisa tidak terlalu lama, petikan inti pokoknya, poin-poinnya tidak terlalu lama, analisa hukumnya, pertimbangan hukum, fakta hukumnya kan gitu saja, kita coba dulu," kata hakim. [detikcom]