AMALAN HARIAN UNTUK KEMUDAHAN SAKARATUL MAUT DAN PERJALANAN DI AKHIRAT

AMALAN HARIAN UNTUK KEMUDAHAN SAKARATUL MAUT DAN PERJALANAN DI AKHIRAT

Oleh: Prof. DR. R. Sudradjat*

Prolog:
Sakaratul maut adalah momen yang mengerikan meskipun untuk mukmin yang bertakwa. Terlebih lagi perjalanan di kehidupan ahirat yang sangat panjang dan lama untuk mencapai surgaNya. Untuk itu kita dituntut untuk selalu istiqomah dalam ketaatan kepada perintahNya. Salah satunya dengan mengamalkan bacaan dan doa sebagai berikut di bawah ini:

BIASAKANLAH secara rutin setiap hari membaca Al  Quran yaitu  Surat Al Mulk, Al Waqiah, Ar Rahman, Ar Ra' d, dan Surat Yasin. Apabila mulai membaca selesai shalat Ashar, biasanya akan selesai menjelang shalat maghrib.

Selesai shalat maghrib, bacalah zikir dan doa yang biasa anda baca secara rutin. Setelah selesai, kemudian tegakkanlah posisi duduk anda, letakkan telapak tangan sekitar 5 cm di atas ubun-ubun kepala, sedang telapak tangan kiri menutup lubang udel (ari-ari). Kemudian bacalah ayat kursi dengan satu kali tarikan nafas. Supaya berhasil, tariklah nafas dengan mengalirkan udara ke hidung dalam volume yang kecil.

Lanjutkan dengan duduk santai, dengan kedua telapak tangan terbuka kemudian bacalah doa ini DOA:

1. Ya Allah, berikanlah kemudahan perjalanan saya ketika hari-hari terakhir saya sudah semakin mendekat. Lindungilah saya dari sakit penyakit yang menyusahkan orang-orang di sekeliling saya.

2. Ya Allah, berikanlah kemudahan momentum sakaratul maut saya, dan berikanlah kemudahan dan kesempurnaan penguburan mayit saya.

3. Ya Allah, berilah kemudahan menjawab pertanyaan di alam kubur. Tuntunlah saya menjawab semua pertanyaan tersebut dengan baik dan sempurna sesuai dengan keimanan saya dalam agama Islam. Agama yang Engkau ridhoi.

4. Ya Allah, jangan biarkan saya lama tinggal di alam kubur. Bawalah segera arwah saya ke alam barzah, berikanlah kehidupan yang baik dan nyaman di sana. Pertemukanlah saya di sana dengan ayah bunda, kakek nenek, para orangtua, saudara-saudara, teman-sahabat, karib-kerabat, handai-taulan yang telah mendahului saya menghadapMu.

5. Ya Allah, berikanlah kekuatan, ketabahan dan ketegaran ketika kami dibangkitkan dari kubur. Berikan kekuatan, ketabahan, ketegaran ketika diperjalankan menuju Padang Mahsyar. Gabungkan saya dengan rombongan besar umat Islam seluruh dunia sejak nabi Adam sampai kiamat yang dipimpin oleh Nabi Besar Muhammad Saw serta Nabi dan Rasul Allah lainnya, dan dipandu oleh panji-panji syahadat dan shalawat.

6. Ya Allah, berikanlah kemudahan proses hisab saya di Padang Mahsyar. Lindungi saya dari panas, dahaga, dan waktu yang sangat panjang yang sangat melelahkan. Percepatlah  jadwal waktu hisab se cepat-cepatnya, berikan kitab amal saya ke tangan kanan saya, berikanlah saya syafaat, ampunan dan tobat untuk dosa-dosa saya selama hidup di dunia dengan izinMu ya Allah.

7. Ya Allah dengan izinmu, berikanlah kemudahan dan kecepatan melintasi jembatan shirotol mustaqim yang sangat menyeramkan. Berikan saya perlindungan, keamanan dan keselamatan dari keganasan api neraka.

8. Ya Allah, berikanlah kepuasan kepada kami ketika meminum air dari Telaga Kausar. Sebelum sampai di pintu surgaMu, bersihkanlah hati saya, sucikanlah jiwaraga saya, hilangksn sifat-sifat buruk saya dan kenang-kenangan buruk ketika hidup di dunia. Berikanlah kelegaan ketika sampai di pintu surgamu dan membalas semua ucapan selamat datang dari para Malaikat: "Alhamdulillah, wassalamualaikum Wr.Wb."

9. Ya Allah, alhamdulillah akhirnya saya sampai di pintu surgamu. Semoga Engkau mudahkan  perjalanan saya di akhirat untuk mencapai keridhoan surgaMu dalam kenyataan setelah kematian saya.

10. Ya Allah, berikanlah kepada kami kehidupan surgawi yang maha indah dan kekal abadi seperti yang Engkau telah firmankan melalui Nabi dan RasulMu. Berikanlah kehidupan surgawi kepada seluruh keluarga besar saya yaitu: Saya, istri, anak, cucu, cicit, beserta seluruh keluarganya, ayah bunda, para orangtua, saudara-saudara, teman-sahabat, karib-kerabat, handai-taulan yang beriman dan bertakwa kepadaMu,  bersama seluruh umat Islam di dunia yang beriman, bertakwa, beramal ibadah, beramal soleh, berakhlakul karimah, dan berbuat kebajikan kepada sesama manusia.

11. Ya Allah, semoga Engkau ridho memasukkan saya ke surgaMu tanpa hisab. Sesungguhnya Engkau maha suci, maha pengasih, maha penyayang, maha bijaksana, maha benar dengan segala firman dan janjiMu. 

Aamiin ya Rabbal 'alamiin. 

(usapkan telapak tangan ke wajah)

Demikianlah semoga bisa dilakukan rutin setiap hari, hafalkan doa tersebut agar memudahkan menghayati isinya. 

Doa ini akan selalu mengingatkan kita betapa beratnya perjalanan sesudah kematian kita. Ini akan menjadikan kita lebih ber hati-hati dalam menjalani kehidupan dunia yang tersisa. Selamat mencoba...

__
*Pendidikan:
S1 IPB, S2 dan  S3 di Universitas Ghent, Belgia. 

Pekerjaan:
Profesor Riset selama 18 tahun. Peneliti di Kementerian Kehutanan selama 40 tahun (1973 -2013). Keahlian bioenergi, patent nasional 7 buah.