Al Aqsa Kembali Dibanjiri Lautan Massa Warga Palestina, Usai Diserbu Polisi Israel

[PORTAL-ISLAM.ID] YERUSALEM - Jamaah yang melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem Timur diserang polisi Israel. Padahal beberapa jam sebelumnya terjadi kesepakatan gencatan senjata antara Israel dengan kelompok Hamas.

Ribuan warga Palestina yang tinggal di Yerusalem Timur yang diduduki berbondong-bondong ke Masjid Al-Aqsa, Jumat (21/5/2021) pagi. Mereka merayakan kemenangan pasca gencatan senjata yang diumumkan Israel.

Ribuan warga Palestina berkumpul di area di sekeliling kompleks Masjid Al Aqsa usai Salat Jumat. Mereka bertahan untuk menggelar demonstrasi mendukung warga Gaza sembari berteriak-teriak dan mengibarkan bendera Palestina.

Bentrokan terjadi usai Salat Jumat. 

Polisi Israel menembakkan granat kejut yang dibalas oleh lemparan batu serta bom molotov oleh warga Palestina.

Juru bicara polisi Israel mengklaim bentrokan dipicu oleh lemparan batu dan bom molotov dari kelompok Palestina. Akibatnya polisi Israel membalas dengan membubarkan kerumunan.

Sementara menurut fotografer Reuters di lokasi, polisi Israel menembakan granat kejut ke arah warga Palestina. Belum diketahui pasti apa pemicu dari bentrokan terbaru ini.

Bentrokan itu sendiri hanya berlangsung sekitar satu jam, setelah itu polisi Israel mundur ke arah gerbang kompleks Masjid Al Aqsa. 

Petugas medis mengatakan 20 warga Palestina terluka dan dirawat di rumah sakit akibat kejadian itu.

Pasca polisi Israel mundur, warga Palestina kembali berbondong-bondong ke Masjid Al-Aqsa.