Abbas: Operasi Gaza Adalah Teror, Israel Telah Melakukan Kejahatan Perang

[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan Israel melakukan terorisme yang terorganisir terhadap Palestina.

Dalam pidatonya pada Rabu (19/5/2021) Abbas menyebut apa yang dilakukan Israel adalah 'kejahatan perang' yang dapat dihukum berdasarkan hukum internasional.

"Rakyat Palestina tidak akan ragu mengejar mereka yang telah melakukan kekerasan dan kejahatan perang yang dapat dihukum berdasarkan hukum internasional,” kata Abbas, seperti dikutip dari TRT World, Rabu (19/5/2021).

“Israel secara brutal menyerang warga sipil dan dengan sengaja menghancurkan rumah dan bangunan di atas kepala warganya. Israel menghancurkan infrastruktur dan membunuh orang tua, wanita dan anak-anak,” kata Abbas. 

Sejak 10 Mei, pasukan Israel mengklaim telah menargetkan lokasi peluncuran roket, elemen komando dan kontrol Hamas, peralatan bawah tanah dan gudang amunisi, dan pejuang jihadis.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari Rabu mengatakan bahwa kampanye pemboman di Jalur Gaza bertujuan untuk menghalangi Hamas tetapi tidak mengesampingkan kampanye untuk "menaklukkan" penguasa daerah kantong itu.

"Hanya ada dua cara Anda dapat menangani mereka," katanya tentang Hamas dalam briefing Tel Aviv untuk sekelompok duta besar asing. "Anda bisa menaklukkan mereka, dan itu selalu merupakan kemungkinan terbuka, atau Anda bisa mencegah mereka, dan kami sekarang sedang terlibat dalam pencegahan paksa, tapi saya harus mengatakan kami tidak mengesampingkan opsi apa pun."

Lebih dari 820 serangan udara dilakukan dalam periode ini, sebagian besar di Gaza, kata militer Israel.

Menurut pejabat kesehatan Gaza, 221 warga Palestina telah tewas, termasuk 63 anak-anak, dan lebih dari 1.530 luka-luka sejak pertempuran dimulai pada 10 Mei. 

Sementara tembakan roket dari Gaza telah menewaskan 12 orang di Israel, menurut Polisi Israel.

Pertumpahan darah di Gaza didahului oleh hari-hari ketegangan dan agresi Israel di Yerusalem Timur yang diduduki, di mana ratusan warga Palestina diserang oleh pasukan Israel di Masjid Al-Aqsa, situs titik nyala yang suci bagi umat Islam, dan di lingkungan Sheikh Jarrah. Israel juga mengancam akan menggusur puluhan keluarga Palestina, yang rumahnya diklaim oleh pemukim Yahudi.

[Video - Pidato Abbas]