Nyaman Bergamis Sejak Bayi

Nyaman Bergamis Sejak Bayi

Buka grup ini beberapa waktu yang lalu. Ada akun yang pusing alias ribet sendiri. Dia mengomentari seseorang yang hendak membeli gamis buat bayinya yang berusia 5 bulan.
 
Sepertinya si akun loncat pagar. Entah apa maksudnya saya juga tak tahu. Hanya dia dan Tuhan yang tahu.

Apa ada yang salah dengan membeli gamis untuk bayi 5 bulan? Sah-sah saja kan? Kata dia bayi 5 bulan sampai 2 tahun sedang aktif-aktifnya.

Dia gak tau, Mak. Gamis bayi itu lucu-lucu dan nyaman dipakai. Entah yang polos atau berenda bahkan yang warna-warni. Semua enak dipandang mata.

Bahan gamis bayi juga macam-macam. Yang bahan katun dan kaos nyaman dipakai. Banyak juga bahan lainnya. Untuk acara-acara resmi tambahan sifon, tile dan renda bisa jadi pilihan.

Kapan mulai memakaikan gamis pada anak? Kalau saya sih dulu sejak bayi masih 0 bulan sudah saya biasakan memakai gamis. Agar fitrah dia sebagai perempuan melekat sejak dini.

Belajar memakai kerudung/jilbab juga sejak 0 bulan. Karena terbiasa dan nyaman sejak kecil, maka saat umur 4 bulan-an ketika dipakaikan topi/bandana akan ditarik dan dibuang. 

Jadi kalau seseakun ada yang mempertanyakan kenapa beli gamis untuk 5 bulan, sepertinya perlu dipertanyakan balik. Mengapa Anda mengurusi yang bukan urusanmu.

Banyak kok anak-anak yang bergamis tetap aktif kesana kemari tanpa takut kesrimpet. Kenapa? Itu seperti mempertanyakan, kenapa walau dalam keadaan gelap kita bisa ambil makanan dan masuk mulut. Karena sudah terbiasa sejak lahir. Sekali lagi terbiasa.

Mungkin pembaca bisa berbagi pengalaman, kapan dan mengapa melatih anak bergamis sejak dini.

Saya emak yang lagi rebahan.

(By Siti Sulistianah)