Formasi 2024: PRABOWO - BUDI GUNAWAN

Untuk Formasi 2024

Saya lebih suka (sejujur-jujurnya) jika:

1. PRABOWO - ANIES

Alasannya sangat jelas, kedua tokoh ini punya integritas dan rekam jejak yang bisa dipertanggung jawabkan. Sangat 'kena' di hati. Soal dukungan Parpol, Dana dan Massa tidak bikin khawatir karena sudah terbukti dari pengalaman beberapa kali pemilihan di beberapa level. 

Tetapi berkaca pada situasi sekarang dan perkembangan-perkembangan yang menyiratkan 'sesuatu', peluang kemenangan Prabowo akan lebih besar jika:

2. PRABOWO - BUDI GUNAWAN

Alasannya:
BG berasal dari keluarga Kepolisian yang akhir-akhir ini (atau setidaknya sejak pemerintahan JKW) tidak bisa kita ingkari bahwa Lembaga Penegakan Hukum ini cukup memberi warna pada jalannya kekuasaan. 

Apalagi posisi Pak Tito K yang merupakan mantan petinggi kepolisian saat ini sebagai Mendagri yang akan sangat berperan menjelang, ketika dan pasca perhelatan pemilihan. Ditambah lagi, sebagai Mendagri, Pak Tito K seperti menerima 'pelimpahan' kewenangan sebagai pejabat yang punya posisi strategis menentukan (menunjuk atau mengangkat) 271 Kepala Daerah dari provinsi hingga Kab dan Kota. Jumlah itu adalah setengah dari total jumlah Kepala Daerah di Indonesia (543). Artinya, Seorang Tito K yang seharusnya hanya diberi 1 hak suara konstitusi, akan mewakili hampir 50% hak suara secara nasional berdasarkan UU No.10 Tahun 2016. Memang posisi kepala daerah berbeda dengan sikon di dalam bilik suara, tetapi keberadaannya kurang lebih memberi pengaruh pada hasil dari bilik suara. Contohnya, jika Kep Daerah tidak netral? maka.... (isi sendiri).
Tambahan, Suara-suara Keluarga Besar TNI dan Polri akan tumpah ke sini!

Alasan lain adalah, seperti yang kita (setidaknya saya) ketahui, Pak BG punya kedekatan dengan pentolan-pentolan partai pemenang pemili 2019 PDIP. Tidak mustahil jika majunya dalam arena pilpres akan didukung oleh PDIP. Pada pemilu 2019 lalu, PDIP menguasai Jawa Timur, Jateng, DIY dan DKI Jakarta! Masih di 2019, GERINDRA menang di Jabar dan Banten. Artinya, PDIP dan GERINDRA adalah 'raja' di Pulau Jawa! Jika keduanya bersatu, maka peluang menang sangat besar.

KESIMPULAN:
Ini POLITK Bro n Sist, orientasinya adalah KEKUASAAN. Percuma berpolitik tapi tidak mengarah ke kekuasaan. Dan sia2 semata jika punya agenda baik untuk rakyat dan negara jika tidak BERKUASA.

(As Kencana)