Apakah Ada Ajaran Islam Yang Menginspirasi Terorisme?

Apakah Ada Ajaran Islam Yang Menginspirasi Terorisme?

Oleh: Ustadz Muhammad Abduh Negara

1. Sebelum menjawab, perlu diperjelas dulu batas Terorisme atau aksi teror yang dimaksud. Tentu semisal perlawanan bersenjata rakyat Palestina pada penjajah Israel tidak bisa disebut terorisme. Demikian juga semisal aksi demonstrasi, menyuarakan pendapat/kritik pada penguasa, tidak bisa disebut aksi terorisme.

Juga tak layak disebut mendukung aksi terorisme atau mengampanyekan terorisme, khutbah dan tulisan para da'i yang mengecam kezaliman Barat terhadap umat Islam, dan semisalnya.

2. Kita batasi aksi Terorisme itu adalah aksi bersenjata, dengan tujuan membuat rusuh, kisruh dan chaos, serta membunuh orang-orang tak bersalah, di negeri damai (bukan medan perang), yang dakwah dan syiar Islam secara umum masih bisa ditampakkan.

Jika mengikuti batas ini, jelas Terorisme itu tidak berasal dari ajaran Islam, bahkan aksi semacam ini terkategori hirabah yang diharamkan dalam Islam. Pelakunya layak dihukum dengan hukuman yang sangat berat.

Jika pelaku aksi ini menganggap itu sebagai aksi jihad, maka ia tidak paham Syariat jihad dengan baik, dan tidak mengerti maqashid dari jihad.

3. Islam tidak sepenuhnya anti kekerasan dan penumpahan darah. Ajaran Islam itu ajaran yang komprehensif (menyeluruh), dari mengatur individu sampai mengatur hubungan antar negara.

Karena Islam itu mengatur negara, maka ia berisi aturan kenegaraan, termasuk di dalamnya aturan soal perang dan sanksi bagi para pelaku kejahatan. Jadi Syariat jihad, hukum bunuh, dll., harus dilihat dari kacamata pertahanan dan keamanan negara serta penegakan hukum, yang berlandaskan Syariat.

4. Jihad itu bukan aksi premanisme dan terorisme, jauh sekali dari itu. Pasukan jihad itu angkatan perang, militer, dan tidak ada negara kuat dan berdaulat di dunia, yang militernya lemah.

Jadi anda yang anti jihad, sebenarnya ingin umat Islam dan negara mereka lemah dan tidak punya kekuatan untuk melawan musuh.

5. Upaya monsterisasi Syariat jihad, dan mengidentikkannya dengan aksi terorisme, jelas adalah upaya merendahkan Islam dan menjauhkan umatnya dari ajaran agamanya sendiri.

6. Syariat jihad itu syariat yang mulia, dan kematian di medan jihad adalah kematian yang mulia, tentu jihad yang syar'i, bukan aksi teroris-terorisan yang ramai hari ini.

*Monsterisasi: merupakan perekayasaan sistematis untuk menempatkan sesuatu agar ia dipandang sebagai ancaman yang sangat menakutkan, dan karenanya ia harus dimusuhi, dijauhi, dan bahkan dibasmi.

[fb penulis]