Netizen Serang Pakar Etiket Usai Sebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Seorang ahli etiket asal Inggris yang mengungkap cara makan nasi dengan benar menurut versinya dengan menggunakan garpu dan pisau baru-baru ini menuai kontroversi. 

Sebab, warganet khususnya yang berada di Asia tak terima dilarang menyantap nasi menggunakan tangan.

Mengutip dari World of Buzz, mantan kepala pelayan Pangeran Charles, William, dan Harry yang kini bekerja sebagai ahli etiket, Grant Harrold, mengatakan tidak seharusnya makan nasi dengan tangan.
Pernyataan kontroversial tersebut disampaikan Harrold lewat akun @TheRoyalButler di Twitter pada Sabtu (6/3/2021). Sambil mengunggah foto piring dengan nasi, Harrold tampak menyantapnya menggunakan garpu dan pisau.

“Tuan dan nyonya, ingatlah bahwa kita harus selalu memakai pisau dan garpu atau sumpit untuk makan nasi! Kita tidak menggunakan tangan atau jari-jari!” tulisnya di akun twitter.

Melihat pernyataan tersebut, alih-alih sepakat, para netizen terutama yang berasal dari Asia justru berbondong-bondong menyerang Harrold. Menurut mereka, Harrold tidak berhak mengatur cara makan nasi yang notabene makanan pokok warga Asia.

“Kami gak butuh pria Inggris ngasih tahu ke kami gimana cara makan nasi. Mereka bahkan gak tahu cara masak nasi dengan benar,” kata akun @IzzuddinSafuan.

“Kata seorang penjajah dari sebuah kerajaan di mana ladang padi aja mereka gak ada,” ujar akun @hypohix.

“Opini Anda tidak valid. Cebok dulu pakai air, baru kita bicara,” sebut akun @HanaChan3000.

“Itu hak mereka sendiri untuk makan nasi menggunakan apapun yang mereka inginkan. Kebanyakan dari kita, menggunakan jari tangan / tangan. Oh btw coba masturbasi menggunakan garpu dan pisau. Mungkin kepuasan yang sangat besar bagi Anda,” komen @anwarrrrahmad.

Beberapa warganet yang kesal bahkan menyebut Harrold tidak sepantasnya menjadi ahli etiket. 

Pasalnya, ia terkesan mengolok-olok budaya orang lain yang sudah ada sejak turun temurun.

“Kalau etiket Anda mengajarkan untuk mengejek budaya orang lain, maka ada yang perlu dibenerin dari etiket Anda,” kata @Mediocre_saying.

Kini unggahan tersebut pun viral.
Baca juga :