HOAK!! Berita Palsu "Ruang Kerja Anies Digeledah KPK", Fotonya Juga Keliru

[PORTAL-ISLAM.ID]  PRODUSEN hoax bermodal judul berita palsu dan rekayasa foto masih berkeliaran. Celakanya, tak sedikit netizen yang termakan hoax asal-asalan semacam itu. Contohnya, kabar palsu tentang ruang kerja gubernur DKI Jakarta yang digeledah KPK. Kabar tersebut menyesatkan. Foto yang digunakan juga keliru.

’’Mengejutkan bukti baru terungkap. Kantor Gubernur DKI Digeledah, hasilnya kagetkan Anis.’’ Demikian tulisan yang menghiasi thumbnail sebuah video YouTube tersebut. Tanpa kroscek kebenaran informasi itu, akun Facebook Reza Santoro mengunggahnya di sebuah grup, Jumat (12/3) (bit.do/RuangKerjaDigeledah).

Thumbnail video tersebut berbentuk kolase yang terdiri atas dua foto peristiwa. Satu foto menunjukkan petugas yang membawa keluar koper dari sebuah gedung. Foto lainnya memperlihatkan pria berbaju batik yang menyerahkan barang kepada Anies Baswedan. Produsen hoax sengaja menyebar kabar palsu itu setelah KPK menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi program DP Nol Rupiah Pemprov DKI Jakarta.

Penelusuran jejak digital menunjukkan, foto petugas KPK yang membawa beberapa koper itu merupakan kejadian pada 13 Januari 2020. Foto tersebut diabadikan Irwan Rismawan, pewarta dari portal berita Tribunnews. Foto itu memperlihatkan penyidik KPK yang membawa barang bukti setelah menggeledah kantor KPU di Jakarta. Penggeledahan dilakukan untuk mencari barang bukti kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR yang menjerat Wahyu Setiawan, mantan komisioner KPU. Anda dapat membacanya di bit.do/GeledahKantorKPU.

Di sisi lain, foto Anies yang menerima barang dari pria berbaju batik beredar sejak 2017. Foto tersebut pernah digunakan portal wartaekonomi.co.id untuk pemberitaan Hari Jadi Ke-16 Kepulauan Seribu. Judulnya, BNI Turut Meriahkan Hari Jadi Kepulauan Seribu yang Ke-16. Tentu, foto itu tidak berkaitan dengan narasi yang menyebut kantor gubernur DKI Jakarta digeledah oleh KPK. Anda bisa melihatnya di bit.do/Foto2017.

FAKTA

Informasi yang menyebut KPK menggeledah kantor gubernur DKI Jakarta itu keliru. Foto yang digunakan malah penggeledahan kantor KPU dan partisipasi BNI dalam memeriahkan hari jadi Kepulauan Seribu. [jawapos]

Penjelasan lengkap dari website Turnbackhoax.id

Gambar editan yang menggabungkan dua foto yang tidak terkait sama sekali. Foto penyidik KPK yang membawa beberapa koper itu merupakan kejadian seusai penyidik KPK menggeledah Kantor KPU, di Jakarta pada Januari 2020. Sementara itu, foto Anies Baswedan adalah foto pada saat penyerahan simbolis atas beberapa program dan kegiatan Hari Jadi Kepulauan Seribu yang ke-16 pada November 2017.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Reza Santoso (fb.com/reza.santoso.39794) pada 12 Maret 2021 mengunggah sbeuah gambar ke grup KAMI ( KOALISI AKSI MENYELAMATKAN INDONESIA ) dengan narasi “Mantap”.

Di gambar tersebut, terdapat narasi “Ruang Kerja Anies Baswedan di Geledah KPK, Mengejutkan ‘Bukti Baru Terungkap’ Sepandai Pandai Tupai Melompat,Akhirnya Akan Jatuh Juga,Duh Sakitnya”. Selain itu, terdapat foto petugas yang membawa keluar koper dari sebuah gedung dan foto lainnya yang memperlihatkan Anies Baswedan memegang sesuatu.

Sumber : https://archive.ph/JxwVC (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya gambar dengan narasi bahwa ruang kerja Anies Baswedan digeledah KPK adalah klaim yang keliru.

Faktanya, gambar itu merupakan gambar editan yang menggabungkan dua foto yang tidak terkait sama sekali. Foto penyidik KPK yang membawa beberapa koper itu merupakan kejadian seusai penyidik KPK menggeledah Kantor KPU, di Jakarta pada Januari 2020. Sementara itu, foto Anies Baswedan adalah foto pada saat penyerahan simbolis atas beberapa program dan kegiatan Hari Jadi Kepulauan Seribu yang ke-16 pada November 2017.

Foto penyidik KPK itu salah satunya dimuat di artikel berjudul “KPK Geledah Kantor KPU Selama 8,5 Jam, Penyidik Bawa 3 Koper” yang tayang di situs tribunnews.com pada 14 Januari 2020.

“Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa sejumlah barang bukti seusai menggeledah Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Senin (13/1/2020). Penggeledahaan tersebut untuk mencari barang bukti terkait kasus suap pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR yang menjerat mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN” dikutip dari narasi foto tersebut.

Sementara itu, foto Anies Baswedan dimuat di artikel berjudul “BNI Turut Meriahkan Hari Jadi Kepulauan Seribu yang ke-16” yang tayang di situs wartaekonomi.co.id pada 13 November 2017.


Pencocokan dari beberapa Sumber
Baca juga :