Baru Saja Jokowi Ngomong Benci Produk Asing, Ternyata RI Mau Impor Beras 1 Juta Ton

[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat geger dengan pernyataannya meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mengagungkan cinta produk Indonesia. Bukan hanya itu dia juga meminta agar didorong kampanye untuk benci produk asing.

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

TAPI... MALAH BERASNYA IMPOR

RI Mau Impor Beras 1 Juta Ton

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah berkomitmen untuk menjaga ketersediaan, termasuk stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan dalam negeri di tengah pandemi COVID-19.

Dalam paparan di rapat kerja Kementerian Perdagangan Airlangga menyebut untuk menjaga ketersediaan stok beras sebesar 1-1,5 juta ton, setelah adanya Bansos Beras PPKM, antisipasi dampak banjir, dan pandemi COVID-19 dilakukan upaya impor beras 500 ribu ton untuk CBP dan 500 ribu ton sesuai kebutuhan Bulog.
 
"Komoditas pangan jadi penting, penyediaan beras 1-1,5 ton," kata Airlangga dalam paparannya, Kamis (4/3/2021).

Tidak hanya impor beras. Selanjutnya juga ada kebijakan impor gula dalam bentuk raw sugar, impor gula kristal rafinasi untuk industri maminfar 2021, impor penggantian gula eks impor yang diekspor. Lalu impor sebesar 150 ribu ton GKP melalui penugasan BUMN untuk antisipasi HKBN.