Sentilan netizen: Waktu Anies minta RT/RW jadi garda terdepan covid, Jokowi masih promosi wisata... setelah berbulan-bulan baru...

"Waktu Anies minta RT/RW jadi garda terdepan, Jokowi masih promosi wisata, setelah berbulan2, baru Jokowi bicara hal yang sama." 

Demikian disampaikan Lukman Simandjuntak di akun twitternya @hipohan, Ahad (7/2/2021).

***

Mari kita lihat... di awal-awal pandemi covid-19, pejabat yang sangat sigap adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Saking sangat sigapnya, Anies dituding macam-macam. Dari mulai mempolitisasi covid, cari panggung di saat pandemi, hingga dituduh menebar ketakutan berlebihan terhadap covid.

Salah satu bentuk kesigapan Anies Baswedan di awal-awal pandemi... di bulan April 2020, seperti dikicaukan akun Lukman Simandjuntak di atas yang diambil dari berita Tempo:

Anies Baswedan Minta RT/RW Jadi Garda Terdepan Cegah Covid-19

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan arahan kepada jajaran RT/RW terkait langkah-langkah dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 atau virus Corona. Anies menyebutkan bahwa RT/RW dan warga DKI lah yang berada di garda terdepan dalam mencegah penularan Covid-19.

"Kita harus sadari bahwa garda terdepan dalam memerangi virus corona ini adalah kita, diri kita sendiri, bukan tenaga medis. Tenaga medis adalah garda yang berdiri di bagian belakang. Jika kita gagal mencegah penularan maka tenaga medis lah yang harus bekerja menyelamatkan pasien," tulis Anies di akun instagramnya, Selasa 14 April 2020.

Maka lanjut Anies, sebagai garda terdepan wajib melakukan langkah pencegahan penularan secara serempak, disiplin dan masif agar tidak menambah jumlah pasien Covid-19. Langkah-langkah tersebut disusun Anies dalam panduan Siaga Pandemi RT/RW.

Dalam panduan itu RT/RW harus mencatat mobilitas warga yang keluar masuk kawasan, mendata warga yang berisiko berpotensi hingga mengedukasi warga terkait gejala wabah Covid-19, serta mendistribusikan bantuan. Anies juga meminta agar grup percakapan online antar warga diaktifkan.

Anies meminta adanya gugus tugas di tingkat RW yang mengoordinir kondisi di lapangan, untuk melakukan survei, verifikasi informasi, keamanan, kebersihan lingkungan dengan menyediakan tempat cuci tangan dan membagikan bantuan sosial.

"Panduan ini supaya dijadikan rujukan. Jadikan ini sebagai buku pedoman untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Harap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," katanya.


***

SEMENTARA... Presiden Jokowi di awal-awal pandemi, malah ngomongin soal pariwisata.

Silakan gugling saja berita-berita bulan Maret-April 2020..

Salah satunya...

[Kamis, 16 April 2020]
Jokowi Yakin Masa Sulit Covid-19 Usai pada Akhir Tahun 2020, Lalu Pariwisata akan Booming

***

LALU... SEKARANG... bicara soal penangan pandemi tingkat RT/RW

[27/01/2021]
Jokowi Minta Karantina Tingkat RT/RW, Satgas Aktifkan Kembali Posko Covid-19
https://nasional.kompas.com/read/2021/01/27/14103901/jokowi-minta-karantina-tingkat-rt-rw-satgas-aktifkan-kembali-posko-covid-19