Jokowi Berjanji Atasi Banjir DKI Saat Jadi Presiden, Rizal Ramli: Janji Bejibun, Pelaksanaan Payah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ekonom Senior, Rizal Ramli, menyoroti pernyataan Presiden RI Joko Widodo pada saat dirinya masih Gubernur DKI, yang menyatakan bahwa masalah banjir akan bisa diatasi jika ia menjadi presiden.

Pada 2014 silam, Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dinilai dapat mengatasi masalah banjir Ibu Kota jika dirinya menjadi presiden RI.  

Selain itu, menurutnya banjir Jakarta ini akan bisa selesai dengan adanya campur tangan pemerintah pusat.

“Itu adalah kewenangannya di pemerintah pusat, sehingga pengatasan banjir ini memang harus bersama-sama, pemerintah pusat, DKI, kemudian yang ada di provinsi yang lain. Percuma juga semua sungai di sini dinormalisasi tetapi yang di atas tidak ada penghutanan kembali, tidak ada reboisasi, tidak ada hijauan sehingga serapan air ke bawah semakin banyak. Semuanya memang harus terintegrasi semuanya,” kata Jokowi saat dirinya masih menjadi Gubernur DKI.

Mendengar kembali pernyataan Jokowi di 2014 silam ini, Rizal Ramli lantas mempertanyakan soal peran pemerintah pusat di bawah kepemimpinannya sebagai Presiden dalam menangani banjir Jakarta.

“Lho Pemerintah pusat kemana aja ?” katanya melalui cuitan di akun Twitter @RamliRizal sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com.

Menurutnya, Jokowi yang saat ini telah menjadi presiden masih kekurangan kemampuan untuk memanfaatkan kekuasaannya tersebut untuk menyelesaikan masalah.

“Kekuasaan punya, tapi kemampuan untuk memanfaatkan kekuasaan utk selesaikan masalah minim,” ujar Rizal Ramli.

Ia lantas mengatakan, Jokowi seolah tidak memiliki konsistensi dalam menjalankan visi, strategi, personalia dan implementasinya, sehingga berujung pada banyaknya janji yang belum terlaksana hingga periode kedua pemerintahannya ini.

“Tidak ada konsistensi antara visi, strategi, personalia dan implementasi. Janji berjibun, pelaksanaan payah,” katanya.

Untuk diketahui, publik saat ini tengah ramai membicarakan masalah banjir yang kembali merendam Jakarta. 

Namun tak hanya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang kembali menjadi bulan-bulanan publik, kini Jokowi sebagai presiden pun turut dimintai pertanggungjawaban lantaran sempat berjanji akan mengatasi masalah banjir Jakarta jika ia menjadi Presiden RI.***