Anies Pamer Pompa Pengendali Banjir, Netizen: Next Presiden 2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengecek Rumah Pompa Kedoya Taman Ratu, yang melayani wilayah sekitar Duri Kepa, Jakarta Barat, pada akhir pekan lalu.

Peninjauan ini guna memastikan rumah pompa berfungsi maksimal mengendalikan debit air ke Kali Sekretaris. Hasilnya, kata Anies, hujan deras yang mengguyur Jakarta pekan lalu hanya menimbulkan genangan beberapa jam saja.

“Belajar dari pengalaman musim penghujan tahun-tahun sebelumnya, beberapa titik di Jakarta Barat terkenal selalu banjir, salah satunya Duri Kepa. Memang sempat tergenang tapi berkat kerja cepat jajaran Dinas SDA dapat surut dalam waktu kurang dari enam jam,” ujar Anies dikutip dari unggahannya di Instagram, Selasa (16/2/2021).

Selain memastikan pompa berfungsi baik, berbagai antisipasi sudah dilakukan Dinas Sumber Daya Air Prov. DKI Jakarta, mulai dari gerebek lumpur, perbaikan gorong-gorong, pelebaran saluran air, serta persiapan pompa air.

“Tahun ini dua pompa stasioner dan dua pompa mobile disiagakan dan beroperasi penuh di Rumah Pompa Kedoya Taman Ratu, mengendalikan debit air ke Kali Sekretaris,” bebernya.

Postingan sang Gubernur ini mendapat respons beragam dari netizien. Mayoritas dari mereka mengapresiasi gerak cepat Anies dalam mengantisipasi banjir di ibukota.

“Tahun ini sudah jauh berkurang banjirnya,” ujar @zara***.

Tak sedikit pula yang menyebut Mantan Mendikbud itu layak jadi Presiden tahun 2024 mendatang.

“Next Presiden 2024,” celetuk @af_maya***.

Adapula netizen yang menyinggung mengapa konsep air dimasukkan ke tanah tidak diterapkan.

“Bukannya air dimasukkan ke tanah?” ketus @alfan***. (endra/fajar)