Turki Hapus Teori Evolusi Darwin dari Kurikulum Sekolah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemerintah Turki menghapuskan pengajaran soal teori evolusi Charles Darwin pada kurikulum sekolah berikutnya. Selain itu, Turki juga akan meningkatkan pengajaran agama Islam. 

Dikutip Reuters, pada Selasa pekan ini Menteri Pendidikan Turki Ismet Yilmaz mengumumkan penghapusan teori evolusi Darwin dalam kurikulum pelajaran ilmu pengetahuan alam.  

Menurut dia, pengajaran soal evolusi tetap akan jadi bahan pengajaran, namun teori yang digagas Darwin akan dihapuskan. Teori Darwin baru akan diajarkan di tahap universitas. 

"Karena teori ini berada di atas kemampuan siswa dan tidak berhubungan langsung," kata Yilmaz.
 
Teori evolusi yang salah satunya adalah soal evolusi manusia dari kera dianggap tidak sesuai dengan pengajaran dalam agama Islam dan Kristen. Dalam agama Samawi, manusia pertama diyakini adalah Nabi Adam yang diturunkan dari surga, bukan evolusi dari manusia purba. 

Penghapusan pengajaran soal teori Darwin disebut sebagai langkah Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk membuat negara itu lebih Islami. Di masa lalu, Erdogan kerap mengatakan akan membentuk "generasi yang soleh."

Penghapusan teori Darwin menuai protes dari kubu oposisi dan praktisi pendidikan yang mengatakan Erdogan mencoba menghapuskan sistem sekuler Turki bentukan Mustafa Kemal Ataturk dan menerapkan syariat Islam.  

"Kebijakan baru yang melarang pengajaran evolusi dan mewajibkan semua sekolah punya tempat salat, tindakan ini merusak prinsip sekularisme dan prinsip pendidikan yang ilmiah," kata Mehhmet Balik, ketua Serikat Pekerja Ilmiah dan Pendidikan.
 
Menurut Balik, Erdogan mencoba menghentikan gagasan-gagasan yang bertentangan dengan pemahamannya. 

"Intinya adalah: generasi yang banyak bertanya, itulah yang ditakutkan pemerintah," lanjut dia. 

Mendikbud Turki Yilmaz membantah dengan mengatakan, pencapaian dan peninggalan Ataturk tidak dihapuskan. Mereka hanya menekankan soal nilai-nilai penting seperti keadilan, persahabatan, kejujuran, kasih sayang, dan patriotisme. 

Selain menghapus teori Darwin, dalam kurikulum baru juga akan didorong pembangunan sekolah agama "Imam Hatip" yang lebih banyak. Imam Hatip adalah sistem sekolah madrasah di Turki untuk membentuk para tokoh-tokoh agama Islam. 

(Sumber: Reuters)