Natalius Pigai Jadi Korban Rasisme, Rakyat Papua Bergerak Tuntut Relawan Jokowi Ditangkap

[PORTAL-ISLAM.ID]  Salah seorang relawan Jokowi melalui akun Facebooknya dengan nama Ambroncius Nababan mengundang perhatian publik lantaran melakukan rasisme terhadap Natalius Pigai.

Ambroncius Nababan membagikan narasi yang membandingkan Natalius Pigai dengan gorilla dan kadal gurun.

Dia mengunggah foto tersebut usai Natalius Pigai mengatakan bahwa menolak vaksin Covid-19 adalah hak asasi rakyat yang tidak boleh diancam pidana oleh pemerintah.

"Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Vaksin sinovac itu dibuat untuk manusia bukan untuk gorilla apalagi kadal gurun. Karena menurut UU Gorilla dan kadal gurun tidak perlu divaksin. Faham?" tulis Ambroncius Nababan.

Belakangan terkuak sosok Ambroncius Nababan ternyata kader Partai Hanura dan banyak beredar foto-fotonya bersama Jokowi.

Ujaran rasisme Ambroncius Nababan terhadap Natalius Pigai sontak menuai banyak kecaman.

Bahkan telah memantik sentiman orang-orang Papua.

Di sosial media beredar kabar bahwa hari ini, Senin (25/1/2021), masyarakat Papua akan bergerak dengan mengambil langkah hukum dan menuntut Ambroncius Nababan ditangkap.

"Ujaran Rasis yang diduga dilakukan oleh saudara AMBROCIUS NABABAN melalui akun Facebooknya, bukan saja kepada saudara Natalius Pigai tapi bagi Rumpun Malanesia Bangsa Papua Barat, kami akan mengambil langkah hukum untuk melapor yang bersangkutan ke POLDA Papua Barat," demikian pernyataan tertulis yang dibagikan akun twitter @jayapuraupdate.