Gempa Majene-Mamuju Sulbar, Turki Sampaikan Bela Sungkawa Untuk Indonesia

[PORTAL-ISLAM.ID]  ANKARA - Pemerintah Turki melalui Kementerian Luar Negerinya menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia atas peristiwa gempa bumi yang melanda Majene-Mamuju, Sulawei Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 01.28 WIB.

“Kami telah menerima berita dengan duka yang mendalam bahwa gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter terjadi di kota Majene di provinsi Sulawesi Barat, Indonesia, yang menyebabkan korban jiwa dan banyak luka-luka,” kata pernyataan Kemenlu Turki, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (15/1/2021).
 
“Kami mendoakan rahmat Allah bagi mereka yang kehilangan nyawa dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada orang yang mereka cintai, serta kepada orang-orang yang ramah dan bersaudara serta Pemerintah Indonesia, dan berharap pemulihan yang cepat bagi yang terluka,” tambah pernyataan itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 42 orang menjadi korban gempa Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Jumlah itu berdasarkan data per Jumat (15/1/2021) pukul 20.00 WIB.

Pusat Pengendali Operasi BNPB merinci 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majene.

Sementara, data kerusakan di Kabupaten Mamuju antara lain Rumah Sakit Mitra Manakarra rusak berat, RSUD Kabupaten Mamuju rusak berat serta kerusakan di Pelabuhan Mamuju dan Jembatan Kuning yang berlokasi di Takandeang, Tapalang Mamuju.

Sedangkan di Kabupaten Majene, 300 unit rumah rusak masih dalam proses pendataan.[]