Barakallah.. Din Syamsuddin Menikahi Cucu Pendiri Ponpes Gontor

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kabar bahagia datang dari Prof Dr Din Syamsuddin. Eks Ketum PP Muhammadiyah itu akan menikah dengan Dr Rashda Diana, LC, MA, pada hari Minggu (3/1/2020) ini.

Akad nikah Din dengan Rashda akan berlangsung pada 09.00 WIB di Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Kabar bahagia tersebut dikonfirmasi salah seorang aktivis Muhammadiyah yang dekat dengan Din, Ma'mun Murad. 

"Benar, Pak Din akan menggelar akad nikah pagi ini," kata Ma'mun yang juga Dekan Fisipol Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kepada kumparan

Menurut Ma'mun, akad nikah Din Syamsuddin hanya dihadiri kalangan terbatas lantaran situasi pandemi corona. Akad nikah tersebut akan dihadiri anak-anak dan adik-adik Din Syamsuddin, Rektor UMJ, dan beberapa jemaah Orbit -- kelompok pengajian yang diampu Din sejak lama. 

"Alhamdulillah Pak Din sudah menemukan pendamping dalam kehidupan dan perjuangan. Semoga sakinah mawaddah warahmah," kata Ma'mun.  

Calon pendamping Din, Rashda Diana, merupakan putri kedua almarhum KH Imam Subakir Ahmad yang pernah menjadi salah seorang pemimpin Pondok Pesantren Gontor.  

Rashda juga merupakan cucu pendiri Gontor, KH Imam Zarkasy. Sebelum menikah dengan Din, Rasdha menjalin perkawinan dengan Dr Dihyatun Masqon yang telah wafat pada 2018.  

Rashda yang kini berusia 48 tahun, memperoleh gelar doktor dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam bidang politik dan sekarang dosen di Universitas Darussalam Gontor.  

Dari kabar yang diterima kumparan, setelah acara akad nikah, Din dan Rashda langsung berangkat ke Yogya untuk melakukan acara syukuran terbatas. 

Sementara itu, Din sebelum menikahi Rashda, menjalin pernikahan dengan Novalinda Jonafrianty sejak 2011. Pernikahan Din dan Novalinda saat itu berlangsung pada 13 Maret 2011 di kantor PP Muhammadiyah Jakarta. 

Din menikahi Novalinda setelah istri pertamanya, Fira Beranata, meninggal dunia pada 29 Juli 2010. Novalinda yang berprofesi sebagai notaris senior, merupakan sepupu Fira Baranata.  

Sembilan tahun mengarungi perkawinan, Din bercerai dengan Novalinda beberapa waktu lalu.  

Namun, kapan kepastian Din bercerai dengan Novalinda, belum diketahui.  

Dengan demikian, pernikahan Din yang saat ini berusia 62 tahun dengan Rashda, merupakan pernikahan ketiga kalinya buat Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu. 
(Sumber: Kumparan)
Baca juga :