BENCANA UMAT YANG TERBESAR

BENCANA UMAT YANG TERBESAR

Oleh: KH Luthfi Bashori

Dalam pandangan Islam, bahwa tiada bencana yang lebih besar daripada bencana yang menimpa agama, yang mana disebutkan bahwa faktor penyebabnya adalah:

“Bencana agama itu ada tiga, yaitu: Ahli Fikih yang durhaka, Imam (Pemimpin) yang dzalim, dan Mujtahid yang bodoh.” (Riwayat Imam Ad-Dailami melalui shahabat Ibnu Abbas).

1. Dikatakan ‘Ahli Fiqih’ yang durhaka itu jika gemar melakukan perbuatan-perbuatan maksiat, sedangkan ia selalu menyampaikan fatwa-fatwanya namun disesuaikan hawa nafsunya, atau disesuaikan dengan selera pribadinyanya maupun selera pihak yang memesannya. Padahal masyarakat menganggap apa yang difatwakannya itu selalu benar dan berdasarkan nash-nash fiqih padahal jauh api dari panggang, artinya fatwanya itu melenceng dari aturan Syariat (Alquran, Hadits dan Ijma’ para ulama Salaf Aswaja). Contoh kongkrit adalah banyaknya bermunculan figur-figur Kyai Abdi Gereja dan Kyai Slamet Natal.

2. Yang dimaksud ‘Imam Dzalim’ adalah seorang pemimpin yang bersikap sewenang-wenang terhadap rakyat yang dipimpinnya. Terutama jika berdampak negatif serta merugikan sektor keagamaan. Umumnya munculnya imam dzalim itu karena memiliki sifat rakus dan syahwat yang tinggi terhadap kedudukan duniawi dengan segala fasilitasnya demi memenuhi hawa nafsu serakahnya. Hingga kebutuhan rohani umat dianggap sebagai penghalang utama bagi keinginan besarnya, maka muncullah sifat islamophobia dalam lingkup kekuasaannya.

3. Sama bahayanya dengan orang bodoh agama yang mengaku sebagai ‘Mujtahid’, padahal ia sangat awam terhadap ajaran Syariat Islam. Jangankan sampai ke tingkat mujtahid yang sesungguhnya, untuk baca kitab karya para ulama Salaf saja masih belum mampu. Lantas ia menampilkan fatwa-fatwa dari hasil ‘ijtihadnya’ sendiri berdasarkan ilmu ‘otak-atik-matuk’ atau ‘cok galicok galagacok cocok’ (ilmu rekayasa yang sekedar dicocok-cocokkan semata). Kasus kongkrit seperti munculnya klaim sebagian orang, bahwa candi Borobudur dikatakan sebagai peninggalan kerajaan Nabi Sulaiman, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wallahu a'lam.

Baca juga :