Bantu Korban Bencana Alam, Banser Jadi Trending di Twitter

[PORTAL-ISLAM.ID] Barisan Ansor Serba Guna (Banser) mendadak menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Ketika bencana alam melanda sejumlah wilayah Indonesia, seperti banjir yang menggenangi sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan, tanah longsor di Sumedang, dan gempa bumi di Sulawesi Barat, Banser bergerak dari berbagai daerah untuk melakukan aksi kemanusiaan. Hal tersebut membuat Banser menjadi perbincangan warganet khususnya di Twitter pada Sabtu (16/1/2021).

Sampai dengan berita ini ditulis, ada 11 ribu lebih cuitan mengenai Banser, dan jumlah tersebut terus bertambah. Kebanyakan twit yang muncul mengunggah bagaimana Banser dengan suka rela membantu korban bencana banjir di Kalimantan Selatan.
Beberapa cuitan mengunggah foto pendistribusian logistik oleh Gerakan Pemuda Ansor dan Banser. 

Seperti cuitan akun @Official_Ansor yang berisi aktivitas pendistribusian logistik bantuan di Kalsel.

"Persiapan pendistribusian logistik Ansor Banser Kab. Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. #BanserTanggapBencana #PrayForKalsel," tulis akun @Official_Ansor.

Twit ini mendapat banyak like sebanyak 772 kali dan retwit 199 kali.

Cuitan dari akun @Official_Ansor ini pun dikomentari oleh banyak akun di antaranya atas nama @Pembimbingll dengan balasan “Ayo, terus bergerak”. Disambung dengan komentar dari akun @HeriAgustiawan5 dengan kata-kata “hidup ansor, bravo banser”.

Sebuah akun @Rahman_Nashir juga memberikan cuitan yang agak panjang berisi: “Ini Banser Satkorwil Kalimantan Selatan, hingga kini, hari sabtu, dian Bersama sahabat-sahabat lainya masih dilokasi bencana. ini yang bisa kami lakukan, sekecil apapun Langkah itu, tetap Banser lakukan. mohon doanya sahabat sahabat.”

Cuitan ini disertai video salah satu relawan Banser yang sedang mengantarkan bantuan logistik. Selain komentar seperti ini, masih banyak komentar senada untuk memberikan dukungan moril kepada kinerja Banser.

Di berbagai daerah, kiprah Banser dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana memang tidak bisa diragukan lagi. Selain bertugas menjaga para ulama, Banser juga merupakan sosok yang tangguh dalam ikut menangani dengan turun langsung membantu para korban bencana alam.

Untuk bencana banjir di Kalimantan Selatan, Banser bersama NU Peduli dan Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatu Ulama (LAZISNU) turun ke daerah terdampak banjir, Jumat (15/1/2021). Mereka menyalurkan bantuan tidak hanya berupa nasi bungkus, tetapi juga terdapat roti serta air mineral yang dibagikan di dua titik lokasi banjir.

Mereka harus melewati daerah yang sebagian besar tergenang air dan berjarak berkilo-kilometer dengan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai titik lokasi di Kecamatan Astambul dan Kecamatan Mataraman. Relawan NU Terobos Berkilo Meter Salurkan Bantuan ke Wilayah Banjir Banjar.

Seperti baru-baru ini juga Banser Pringsewu Turun ke Lokasi Bantu Korban Banjir di Pardasuka. Para anggota Banser Kabupaten Pringsewu Lampung dengan sigap turun untuk membantu warga saat banjir bandang di Kecamatan Pardasuka. Mereka dengan sigap membantu untuk mengevakuasi perabot rumah tangga warga yang hanyut oleh banjir.

Selain itu mereka juga memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak akibat air yang masuk ke dalam rumah. Banjir ini sendiri terjadi pada Selasa (5/1) di enam desa yakni Tanjung Rusia, Kedaung, Tanjung Rusia Timur, Suka Negeri, Pardasuka Induk, dan Selapan.

(Sumber: NU Online)