Anies Baswedan: Penataan Kawasan Pasar Senen Tidak Hanya Jadi Cantik, Tapi Terintegrasi Menjadi Pusat Bisnis dan Wisata Belanja

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Anies Baswedan memamerkan hasil penataan kawasan simpang Pasar Senen, Jakarta Pusat. Anies mengatakan, kawasan yang dulunya dianggap kumuh dan rawan tindakan kriminal itu kini telah tertata rapih.

“Kini Senen kembali menjadi ikon Jakarta. Tidak lagi dianggap kawasan kumuh dan rawan,” tulis Anies dalam unggahan akun Instagramnya, @aniesbaswedan, pada Senin pekan lalu (14/12/2020).

Hari ini, Sabtu (23/1/2021), Anies secara langsung mengunjungi kawasan Pasar Senin yang sudah direvitalisasi.

Anies menyampaikan penataan Kawasan Pasar Senen ini tidak hanya sekedar dari sisi tampilan yang makin tertata rapi dan cantik, juga terintegrasi dengan baik.

"Ketika menata Kawasan Pasar Senen, berarti harus menata mobilitas semua orang dan kegiatan dalam satu kawasan utuh," tulisa Anies Baswedan di akun Facebooknya, Sabtu (23/1/2021).

"Kawasan Pasar Senen merupakan salah satu hub potensial untuk dikembangkan sebagai Transit Oriented Development (TOD). Karena itu tidak hanya membangun Ekstensi Lintas Bawah untuk kendaraan, kita membangun fasilitas untuk perpindahan manusianya," tambahnya.

Lebih lanjut Anies menguraikan... 

"Halte Senen direvitalisasi menjadi lebih lebar, dua JPO baru yang dilengkapi lift, memperbaiki alur kendaraan dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda dan transportasi publik. Melanjutkan penataan jalur pedestrian dari koridor Kramat Raya, dilengkapi bus stop dan signage baru. Penataan terintegrasi kawasan Stasiun Senen. Jalur hijau dan taman-taman dipercantik, penerangan jalan ditambah," papar Anies.

Penataan Kawasan Pasar Senen masin berlanjut.

"Saat ini sedang berlangsung pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan II, yang akan terhubung langsung dengan Halte TransJakarta. Ketika tuntas akan makin memperindah #WajahBaruSenen dan mengembalikan kejayaan Kawasan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja," pungkas Anies.