Pertolongan Allah Kepada Habib Rizieq

Pertolongan Allah Kepada Habib Rizieq

Dalam sebuah diskusi dengan seorang akh fillah yang sering membela Islam, ulama, dan umat Islam terlontar pikiran bahwa H-M-R-S kurang taktis. Tak melakukan apa-apa saja beliau diawasi secara ketat. Apalagi melakukan sesuatu.

Dengan segera saya memberikan komentar:

Katakanlah H-M-R-S melakukan kekeliruan strategi. Tapi mudah bagi Allah Ta'ala meng-istidrok kekurangan itu dengan ma'unah, ri'ayah, dan qudrah-Nya. Sehingga kekurangan itu tak menjadi cela kelemahan.

Kekeliruan banyak diantara kita ialah selalu memandang perjuangan dari sisi angka-angka dan analisa-analisa subjektif kita. 

Kita melihat sampai saat ini Allah Ta'ala Yang Maha Lembut selalu menolong dan melindunginya. 

Dan semua pengamat profesional menyimpulkan skor politik secara telak didapatkan H-M-R-S. 

Diantara bentuk pertolongan Allah Ta'ala adalah kasus dibuatnya kapolda Metro Jaya bicara tentang penembakan enam anggota Laskar FPI. Padahal dari HRS dan FPI sendiri awalnya merilis mereka dikuntit oleh preman/OTK. Tapi Polda malah membuka sendiri kalau yang menguntit dan menembak adalah polisi.

Allah Ta'ala berfirman:

إِنَّا لَنَنْصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا

"Sesungguhnya Kami akan menolong Rasul-Rasul Kami dan orang-orang beriman dalam kehidupan di dunia." (QS. Ghofir: 51)

Imam Al-Wahidi dalam tafsirnya Al-Wasiith berkata:

"Pertolongan [nashr] adakalanya dengan hujjah. Adakalanya dengan mengungguli dan mengalahkan. Dan adakalanya dengan membinasakan musuhnya. Semua bentuk pertolongan itu diberikan oleh Allah Ta'ala kepada para nabi dan kaum mukminin. Jadi, mereka ditolong melalui hujjah atas orang-orang yang menentang mereka. Mereka juga ditolong Allah dalam bentuk mengalahkan orang-orang yang melawan mereka. Mereka juga ditolong dengan cara membinasakan musuh-musuh mereka dan menyelamatkan diri mereka serta orang-orang yang mengimani mereka. Dan kadangkala pertolongan itu dengan menghukum musuh-musuh mereka sebagaimana Allah  menolong Nabi Yahya bin Zakariyya ketika dibunuh. Sampai-sampai ada tujuh puluh ribu orang yang terbunuh karena kejahatan itu. Tak diragukan lagi bahwa para nabi dan kaum mukminin akan ditolong di dunia dengan salah satu bentuk pertolongan tersebut."

Ada bentuk pertolongan lain yang belum disebutkan. Yaitu diberikan ketenangan hati (thuma`niinatul qolbi), diteguhkan langkah-langkah kakinya, diistiqomahkan memegang teguh agama, dibebaskan dari rasa takut, serta kekuatan maknawiyah dirinya mengalahkan godaan dunia yang rendah.

(BY Ustadz Hafidin Achmad Luthfie)

[Video - Ketenangan Habib Rizieq saat hendak diperiksa Polda]