[BREAKING] Turki Menemukan Cadangan Emas Senilai $ 6 Miliar, Lebih dari PDB Beberapa Negara

Setelah menemukan ladang migas terbesar di Laut Hitam, Turki baru-baru ini menemukan cadangan emas senilai 6 miliar Dolar. Masya Allah. Barakallah, Negeri Turki. Selamat buat Pakde Erdogan dan Rakyat Turki...

Turki Menemukan Cadangan Emas Senilai $ 6 Miliar, Lebih dari PDB Beberapa Negara

Turki telah menemukan cadangan emas utama sekitar 3,5 juta ons (99 ton) senilai sekitar 6 miliar USD, kantor berita negara Anadolu Agency melaporkan pada 22 Desember.

Penemuan emas di kota Sögüt di bagian barat tengah dilaporkan oleh Fahrettin Poyraz yang mengepalai Koperasi Kredit Pertanian Turki dan perusahaan produksi pupuk Gübretaş.

“Kami berbicara tentang nilai yang mendekati enam miliar dolar,” kata Fahrettin Poyraz kepada Anadolu.

“Dalam dua tahun, kami akan mengekstraksi emas pertama dan membawa nilai bagi ekonomi Turki.”

Saham Gübretaş melonjak hampir 10 persen di Borsa Istanbul karena pemberitaan itu.

Fahrettin Poyraz mengatakan bahwa produsen pupuk Gübretaş miliknya memenangkan penguasaan atas situs tersebut dari perusahaan lain dalam keputusan pengadilan tahun 2019 dan akan mengembangkan penemuannya sendiri.

Nilai penemuan ini lebih dari PDB beberapa negara. Perkiraan nilai emas ini adalah 6 miliar dolar, sedangkan PDB Maladewa adalah 4,87 miliar dolar. Worldometer mematok PDB Burundi pada 3,17 miliar dolar, sedangkan Barbados, Guyana, Montenegro, Mauritania, Lesotho jauh lebih kecil dari 6 miliar dolar.
September lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki Fatih Dönmez mengatakan bahwa Turki memecahkan rekor tahun lalu dengan memproduksi 38 ton emas.

“Target kami dalam lima tahun ke depan mencapai produksi emas 100 ton per tahun,” katanya saat itu.

(Sumber: Anadolu, cnbctv18, BusinessToday)