Pertama kalinya dalam 28 tahun, shalat Jum’at kembali dilaksanakan di kota Shusha setelah berhasil dibebaskan

[PORTAL-ISLAM.ID]  SHUSHA - Untuk pertama kalinya dalam 28 tahun, shalat Jumat dilaksanakan di kota Shusha, setelah dibebaskan oleh tentara Azerbaijan, Jumat (13/11/2020).

Koresponden Anadolu Agency melaporkan bahwa setelah azan dikumandangkan di masjid bersejarah Yukhari Govhar Agha, tentara Azerbaijan berbaris di belakang seorang imam yang mereka pilih di antara mereka dan melaksanakan shalat Jumat.

Kota Shusha merupakan salah satu simbol sejarah dan budaya Azerbaijan yang diduduki oleh pasukan Armenia pada 8 Mei 1992. Kota ini memiliki nilai militer yang signifikan karena lokasinya yang strategis sekitar 10 kilometer (6 mil) di selatan ibu kota wilayah dekat Khankendi (Stepanakert) dan di jalan yang menghubungkan kota dengan wilayah Armenia.

Mendapatkan kendali atas Shusha adalah kemenangan besar bagi pasukan Azerbaijan dalam perjalanan mereka menuju gencatan senjata yang ditandatangani 10 November. Kesepakatan itu dipandang sebagai kemenangan Azerbaijan dalam konflik atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki Armenia.
Sumber: Anadolu Agency