ZULKARNAIN, Pertanyaan Yahudi Madinah Yang Membuktikan Kebenaran Nabi Muhammad SAW

ZULKARNAIN AGUNG 

Buku ini seperti mesin waktu yang membawa pikiran kita menjelajahi ruang dan waktu berbeda yang berjarak ribuan tahun silam, inilah buku riset mendalam mengenai siapakah sosok Zulkarnain sebenarnya, seorang Raja beriman menguasai timur dan barat, yang namanya ditulis Al-Qur'an dalam surat Al-Kahfi. 

Penulis buku ini mengajak kita berpikir kritis untuk membandingkan antara sosok Cyrus (Raja Persia) dengan Alexander Agung (Raja Mecodia), siapakah diantara keduanya yang merupakan sosok Zulkarnain, karena nama Zulkarnain sendiri merupakan gelar bukan nama asli sang raja. 

Zulkarnain artinya sosok yang memiliki mahkota dua tanduk, sebagai simbolisasi penguasaan atas wilayah Timur dan wilayah Barat. 

Nama Zulkarnain tertulis dalam Al-Qur'an berawal dari pertanyaan kaum Yahudi Madinah yang ingin menguji kenabian Baginda Nabi  Muhammad SAW, sebab Zulkarnain merupakan nama sangat asing bagi bangsa Arab, bahkan tak dikenal sama sekali. 

Tapi di kalangan segelintir elit kaum Yahudi namanya dikenang, karena sosok Zulkarnain merupakan Raja penolong bangsa ini ketika mengalami penindasan dan perbudakan Raja Nebuchadnezzar, Raja Zulkarnainlah yang membebaskan mereka dari tirani Raja Babilonia. 

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنْ ذِى الْقَرْنَيْنِۗ قُلْ سَاَتْلُوْا عَلَيْكُمْ مِّنْهُ ذِكْرًا ۗ - ٨٣

Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Zulkarnain. Katakanlah, “Akan kubacakan kepadamu kisahnya.” [Al-Kahfi: 83]

Dari pertanyaan ini kemudian turunlah Wahyu mengenai kisah Zulkarnain dan Kisah Pemuda Kahfi, sebuah kisah yang membuat bangsa Yahudi terpana, bahwasanya kisah Zulkarnain dan Pemuda Kahfi yang dikisahkan melalui Wahyu merupakan sebuah kebenaran, dan kisah ini sebenarnya tidak diketahui sama sekali oleh bangsa Arab ketika itu. 

Artinya Nabi Muhammad SAW menjawab dengan benar pertanyaan bangsa Yahudi atas petunjuk Wahyu dari Allah SWT. 

Sebuah buku yang sayang untuk dilewatkan bagi anda peminat sejarah Islam dan peradaban dunia. 

Selain membandingkan karateristik kepemimpinan Cyrus dan Alexander, buku ini juga merupakan studi sejarah agama-agama besar dunia. Jadi masih penasaran kan siapa sosok Zulkarnain sebenarnya? 

Silahkan baca buku ini. Selamat tercerahkan.

Judul buku : Zulkarnain Agung Antara Cyrus dan Alexander
Penulis    : Wisnu Tanggap Prabowo
Penerbit   : alvabet
Halaman    : 378
Cetakan    : Juli 2020

(Gili Argenti)