Survei: 79,6% Warga Makin Takut Menyuarakan Pendapatnya di Era Rezim Jokowi, Aparat Juga Dinilai Makin Semena-mena Menangkap Yang Beda dengan Penguasa

[PORTAL-ISLAM.ID]  Lembaga Indikator Politik Indonesia mencoba memotret kondisi demokrasi di Indonesia di era rezim Jokowi saat ini melalui survei opini publik. Salah satu yang menjadi variabel yakin hak menyatakan pendapat.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pihaknya menanyakan setuju tidaknya responden dengan adanya pernyataan bahwa warga makin takut dalam menyatakan pendapat.

"Hasilnya 21,9 persen sangat setuju; 47,7 persen agak setuju, 22 persen kurang setuju; dan 3,6 persen tidak setuju sama sekali," tutur Burhanuddin saat diskusi virtual, Minggu (25/10/2020).

Pertanyaan selanjutnya, apakah responden setuju dengan pendapat bahwa warga makin sulit berdemonstrasi. Hasilnya adalah 20,8 persen sangat setuju; 53 persen agak setuju; 19,6 persen kurang setuju; dan 1,5 persen tidak setuju.

"Kemudian, setuju tidak bahwa aparat makin semena-mena menangkap warga yang berbeda pilihan politik dengan penguasa. 19,8 Persen sangat setuju; 37,9 agak setuju; 31,8 persen kurang setuju; dan 4,7 persen tidak setuju sama sekali," jelas dia.

Kesimpulannya:
- 79,6% Warga Makin Takut Menyuarakan Pendapatnya
- 73,8% Warga Menilai Makin Sulit Berdemonstrasi
- 57,7% Warga Menilai Aparat Makin Semena-mena Menangkap Yang Beda Pilihan Politik dengan Penguasa
Sumber: Merdeka

Baca juga :