SBY: Saya Minta China dan AS Menarik Diri di LCS!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi pembicara dalam UNSW ASEAN Conference (UAC) 2020. Dalam kesempatan itu, SBY menyampaikan kekhawatirannya soal relasi antara Amerika Serikat dan China yang memanas.  

"Yang mengkhawatirkan saya sekarang adalah hubungan Amerika Serikat dan China yang memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Perang ekonomi dan dagang antara kedua negara terus meningkat," ujar SBY dalam keterangannya, Minggu (11/10).  

"Kedua negara sudah memperlihatkan 'otot' militer dengan unjuk kekuatan di Laut China Selatan. Ini tentu saja berbahaya dan buruk bagi kawasan kita," lanjut SBY. 

SBY juga mengaku khawatir bahwa China dan Amerika Serikat telah membangun kekuatan angkatan laut mereka di Laut China Selatan. Langkah ini tentunya membahayakan stabilitas dan perdamaian yang sudah tercipta di kawasan tersebut. 

"Sebagai eks pemimpin di kawasan pasifik, saya minta China dan AS menarik diri di Laut China Selatan. Sebab yang mereka lakukan di sana bisa memicu konflik militer," kata SBY.  

Selain itu, SBY mengingatkan negara-negara ASEAN agar jangan mengambil bagian dalam konflik AS dan China.  

"ASEAN akan lebih stabil jika keseimbangan tetap terjadi di kawasan ini," tutup SBY.