Erdogan: Negara Barat yang mengejek Islam ingin meluncurkan Perang Salib

[PORTAL-ISLAM.ID]  ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (28/10/2020) mengatakan bahwa negara-negara Barat yang mengejek Islam ingin “meluncurkan kembali Perang Salib”, meningkatkan konfrontasi dengan Prancis atas kartun Nabi Muhammad yang telah memicu kemarahan di negeri-negeri kaum Muslim.

Dalam pidatonya di hadapan anggota parlemen Partai AK, Presiden Tayyip Erdogan juga mengatakan bahwa melawan serangan terhadap Nabi adalah “masalah kehormatan bagi kami”, lansir Reuters.

Perselisihan dengan Prancis berkobar setelah seorang guru Prancis yang menunjukkan kartun Nabi yang diterbitkan dalam majalah satir mingguan Prancis Charlie Hebdo dipenggal di Prancis bulan ini. Karikatur tersebut memicu kemarahan ummat Islam.

Erdogan mengkritik tajam Macron pada akhir pekan, mengatakan pemimpin Prancis itu membutuhkan pemeriksaan kesehatan mental, mendorong Prancis menarik duta besarnya dari Ankara. Pada hari Senin, Erdogan juga menyeru pemboikotan produk Prancis.

Pemimpin Turki itu kembali mempertanyakan keadaan pikiran Macron pada Rabu (28/10) dan dalam sambutannya yang ditujukan kepada Barat, menggambarkan kekuatan kolonial sebagai pembunuh karena catatan mereka di Afrika dan Timur Tengah.

“Mereka benar-benar ingin meluncurkan kembali Perang Salib. Sejak Perang Salib, benih kejahatan dan kebencian mulai berjatuhan di tanah (Muslim) ini dan saat itulah perdamaian terganggu,” kata Erdogan.

Dalam pidatonya, Presiden Erdogan juga menyampaikan pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan bait 'Thala’al Badru ‘alaina'.

Thala’al Badru ‘alaina
Wahai bulan purnama yang terbit kepada kita

Min tsaniyatil wada’
Dari lembah wada

Wa jabassyukru ‘alaina
Dan wajiblah kita mengucap syukur

Mada ‘a lillahida’
Dimana seruan adalah kepada Allah

Ayyuhal mab ‘utsufina
Wahai engkau yang dibesarkan di kalangan kami

Ji’tabil amril mutha’
Engkau datang dengan seruan untuk dipatuhi

Ji’ta syarraftal Madinah
Engkau telah membawa kemuliaan pada kota ini

Marhaban ya khairada’
Selamat datang wahai penyeru terbaik ke jalan Allah

[Video - Cuplikan Pidato Erdogan]