Dua Bulan Pasca Diresmikan Sebagai Masjid, Aya Sofya Dikunjungi Lebih Dari 1,5 Juta Pengunjung


[PORTAL-ISLAM.ID]  ISTANBUL - Sejak Aya Sofya ditetapkan sebagai Masjid oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada 24 Juli lalu, dilaporkan lebih dari 1,5 juta orang yang mengunjungi bangunan bersejarah yang berdiri di Kota Istanbul tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Mufti Istanbul, Mehmet Emin Masali.

"Masjid Agung Aya Sofya (setiap hari) dikunjungi oleh 15.000 pengunjung pada hari kerja dan 25.000 hingga 30.000 pada hari Jumat dan akhir pekan," kata Masali, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (3/10/2020).

"Ribuan orang dari Turki dan luar negeri datang mengunjungi masjid yang buka sepanjang waktu dan kunjungan diatur sejalan dengan tindakan virus corona," tambahnya.

Pada 24 Juli, salat Jumat di Masjid Agung Aya Sofya menandai tindakan ibadah Muslim pertama di sana dalam 86 tahun.

Aya Sofya mulanya berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul, dan diubah menjadi masjid oleh Sultan Muhammad Al-Fatih dari tahun 1453 hingga 1934, lebih dari setengah abad dan yang terbaru sebagai museum selama 86 tahun.

Pada tahun 1985, Aya Sofya kemudian ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Selain sebagai masjid, Aya Sofya juga merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan asing dari semua agama.[RMOL]

(Tilawah Qur'an Presiden Erdogan saat Meresmikan Masjid Aya Sofya)