Tahun Depan Turki Bakal Punya Kapal Induk Buatan Sendiri


KAPAL INDUK TURKI

2021 Turki akan memiliki kapal induk TCG. Bisa mengangkut 30 pesawat tempur dan drone dengan 1223 pasukan. Termasuk di dalamnya rumah sakit dan ruang operasi. TCG dilengkapi dengan sistem paling mutakhir. Jika ini berhasil Turki menjadi negara muslim pertama yang memiliki kapal induk.

Sebagai anak Melayu gw sangat bangga jika armada laut TurkI semakin kuat. Mengingatkan gw pada sejarah hubungan Melayu dengan Ottoman yang terjalin kuat terutama dalam hal angkatan laut.

Kalau kita baca sejarah, salah satu yang membuat kerajaan-kerajaan Melayu di Sumatra berhasil bertahan dari serangan penjajah karena bantuan armada laut Ottoman yang begitu kuat. Contohnya kerajaan Aceh Darussalam yang dipasok bantuan oleh pasukan Ottoman era Sultan Sulaiman AlQonuni.

Dan melemahnya kerajaan-kerajaan Melayu sejalan dengan melemahnya Ottoman. Ketika Ottoman benar-benar runtuh ketika itu juga kerajaan Melayu berhasil dikuasai penjajah. Hubungan sejarah rakyat Melayu khususnya Aceh dengan Ottoman yang sangat kuat ini banyak yang tidak paham hari ini.

(By Hasmi Bakhtiar)

[Video]
Baca juga :