Rakyat Mesir Turun ke Jalan Tuntut Presiden As-Sisi Mundur, Kediaman Presiden Dibakar Massa


[PORTAL-ISLAM.ID]  Aksi demonstrasi pecah di seluruh Mesir menentang Jenderal Abdel Fattah Al-Sisi. Aksi dimulai sejak hari Ahad (20/9/2020).

Di Suez, Kafr El Dawwar, sebuah kota di Delta Nil, Kairo, Alexandria, dan Aswan, para demonstran menuntut Al-Sisi mundur.

Kediaman presiden di Aswan dibakar demonstran.

Satu video di protes lain menunjukkan sebuah mobil polisi mundur setelah pengunjuk rasa anti-Sisi melemparkan batu ke arahnya.

Di Al-Qanater, Kegubernuran Qalyubia, pengunjuk rasa berbaris melalui jalan-jalan sempit untuk menghentikan mereka diserang oleh pasukan keamanan atau beltagayya.

Di desa Kadiya di Kegubernuran Giza, pengunjuk rasa Mesir membalikkan sebuah truk polisi, marah atas pembongkaran gedung oleh pemerintah di sana.

Ini terlepas dari pasukan keamanan Mesir dikerahkan di beberapa daerah di kota-kota di seluruh negeri, termasuk Tahrir Square dan Suez, dengan pos pemeriksaan militer didirikan di persimpangan dan jalan raya.

Beberapa kafe ditutup, terutama di ibu kota Kairo, sebagai tindakan pencegahan.

Protes itu sebagai tanggapan atas seruan yang dibuat oleh Mohamed Ali agar orang-orang turun ke jalan pada 20 September.

Di bawah tagar, yang saat itu menjadi trending nomor satu di Mesir, "keluar pada 20 September" Ali menyerukan rakyat Mesir untuk bersatu melawan penindasan dan ketidakadilan untuk menyelamatkan negara.

Tahun lalu, Ali merilis serangkaian video yang menuduh rezim yang berkuasa dan keluarganya melakukan korupsi dan menghambur-hamburkan dana publik sementara rakyat Mesir semakin miskin.

Di bawah rezim saat ini, ekonomi Mesir terus memburuk dan pelanggaran hak asasi manusia meningkat, diperparah oleh krisis virus korona di negara yang telah salah penanganan oleh otoritas yang berkuasa.

Ribuan rumah dibongkar setelah pemerintah mengklaim melanggar persyaratan bangunan.

Menanggapi protes tahun lalu, setidaknya 4.000 orang ditangkap dan banyak yang ditahan atas tuduhan "terorisme" yang tidak berdasar, dalam tindakan keras terbesar terhadap pengunjuk rasa sejak Al-Sisi berkuasa.

Dalam upaya untuk melawan demonstrasi tahun ini, publikasi yang dikelola pemerintah Egypt Independent telah memuat tajuk utama, "Anda tidak sendiri", untuk mendukung Al-Sisi.

Sumber: MEMO

Baca juga :