Pilgub Sumbar: Tebakan Awal


Pilgub Sumbar: Tebakan Awal

Oleh: Erizal

Empat pasang sudah terdaftar di KPU Sumbar. Berdasarkan urutan pendaftaran yang ke KPU: Mahyeldi-Audy Joinaldy, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar, dan Mulyadi-Ali Mukhni. Kalau nomor urut, masih harus menunggu lagi. Kadang, "penglihatan" pada nomor urut ini, ada pula ilmunya. Tapi, entahlah? Mungkin, mitos.

Sempat diprediksi hanya tiga pasang. Yakni, terkecuali, Fakhrizal-Genius Umar. Tapi, di detik-detik akhir, pasangan ini seperti dapat nafas baru. Seperti orang yang sudah divonis mati, ternyata masih hidup. Biasanya orang yang seperti ini, umurnya bakal panjang. Tapi, tak tahulah, untuk konteks kontestasi pilkada?

Khusus untuk Pilgub Sumbar. Ada pasangan seperti Irwan Prayitno-Muslim Kasim. Muncul di detik-detik akhir; tak ada yang memprediksi bakal maju; ternyata merekalah yang keluar sebagai pemenang. Bahkan, jumlah pasangan waktu itu, ada lima. Saat ini, hanya ada empat. Tapi, entahlah? Retak tangan siapa yang tahu?

Pasangan Mulyadi-Ali Mukhni sepertinya yang dirugikan dengan adanya pasangan yang ke-4. Ternyata, pasangan inilah yang terkena imbas paling besar terhadap kisruh pernyataan Puan Maharani beberapa hari lalu. Meski SK sudah dikembalikan; diakui pula SK itu sendiri belum diterima; hanya soal teknis; dan lain-lain. Tapi, tetap saja, imbas itu tak sepenuhnya, lenyap.

Belum lagi soal basis pemilih. Mulyadi dan Fakhrizal sama-sama berasal dari Agam. Dan memang, Agam sedang naik daun saat ini. Mahyeldi juga Agam, Indra Catri, malah jadi bupati dua periode di Agam. Artinya, tak hanya Mulyadi, dua pasang lainnya juga terkena. Tapi, yang terbesar Mulyadi, karena Ali Mukhni dan Genius Umar, sama-sama orang Pariaman.

Dan memang sejak awal, yang terlihat paling berkepentingan agar Fakhrizal-Genius Umar tak maju adalah pasangan Mulyadi-Ali Mukhni. Mulai dari mengklaim sudah mendapat SK dari NasDem, mendapat SK dari PKB; dan memang SK itu ada, nyata; PKB-nya sendiri yang lincah. Akhirnya, berlabuh ke Fakhrizal-Genius Umar.

Tadinya, siapa pun yakin, bahwa Mulyadi-Ali Mukhni, termasuk salah satu kandidat yang bakal memenangkan pertarungan. Tapi setelah dua persoalan di atas, siapa pun bakal ragu, apakah pasangan Mulyadi-Ali Mukhni, masih bisa survive? Justru orang mulai melirik pasangan Nasrul Abit-Indra Catri, oleh karena Nasrul Abit, seorang diri di Pessel. Pessel bakal benar-benar mutlak, apa pun alasannya.[]