Perseteruan Turki vs Israel, Hingga Pengusiran Dubes Israel


Foto: Eitan Naeh, Duta Besar Israel terakhir untuk Turki saat diusir paksa tahun 2018. Terlihat di cek point keberangkatan di bandara Attaturk Ankara dikawal petugas Turki, Rabu (16/5/2018). Konon dia dipaksa pergi tanpa sempat membawa barang-barang pribadi.

Sampai saat ini posisi Duta Besar Israel untuk Turki dan sebaliknya kosong.

Meskipun masih ada hubungan diplomatik namun hubungan tersebut bukan hubungan Persekutuan antara Turki dan Israel.

Jika anda ingin tau manfaat diplomasi Turki dengan Israel maka tanyalah kepada orang Gaza Palestina yang Alhamdulillah sampai saat ini masih eksis bertahan karena gerak cepat Turki melobby Israel dalam krisis Palestina. Diantaranya bahan pangan ke Gaza saat diblokade, sumber energi Listrik saat Palestina kekurangan Listrik dan juga tekanan Politik Turki kepada Dunia agar mengakui Palestina.

Selain itu Turki juga membantu Kelompok Pejuang Palestina HAMAS musuh Israel secara terang-terangan. Kemungkinan bantuan senjata secara rahasia bisa terjadi.

Bantuan besar Turki secara nyata dan politik kepada Palestina ini yang nyata dirasakan oleh warga Palestina bukan sekedar basa-basi media.

(Fp Sahabat Erdogan)

***

[Video: Duta Besar Israel untuk Turki Eitan Naeh menjalani pemeriksaan keamanan yang ketat di Bandara Ataturk di Istanbul pada hari Rabu (16/5/2018), saat dia difilmkan sedang digeledah dan diminta untuk melepas sepatunya di depan anggota pers Turki.

Eitan Naeh diminta untuk meninggalkan Turki tanpa batas waktu karena kekerasan baru-baru ini di Gaza, di mana tentara Israel menembak ribuan pengunjuk rasa Palestina, menewaskan lebih dari 60 orang dan melukai lebih dari 2.700]
loading...