Katanya Jokowi Tak Akan Pulang Kampung hingga Pilkada Solo Usai, Kini Sudah Mudik dan Bagi-bagi Sembako


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi mudik ke Solo pada Sabtu (29/8/2020).

Kegiatan mudik Jokowi diisi dengan ziarah ke makam orang tuanya, Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi Notomihardjo, di kompleks permakaman keluarga di Dukuh Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo.

Turut datang bersama Presiden, dua orang anak lelakinya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Ibu negara, Iriana, tidak tampak mendampingi Presiden. Selain dua anak lelakinya, Presiden Jokowi didampingi dua adik perempuannya, yakni Titik Relawati dan Ida Yati.

Informasi awal, kegiatan Presiden di kota kelahirannya ini bersifat tertutup karena agenda pribadi.

Tak hanya ziarah, Jokowi juga membagikan paket sembako dalam tas warna merah dan putih. Selain paket sembako, Jokowi juga membagikan masker kepada warga. Pembagian paket sembako dan masker tidak langsung dilakukan oleh Jokowi melainkan Paspampres.

Menurut Informasi yang bersumbe dari iNews, Presiden Jokowi memastikan tidak akan pulang kampung halaman di Solo, Jawa Tengah hingga tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 selesai. Sikap Jokowi itu untuk menjaga netralitas Pilkada di Solo.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, Jokowi berusaha netral meskipun putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka maju menjadi calon Wali Kota Solo.

"Mungkin mulai hari ini sampai selesai pilkada, beliau (Jokowi) tidak pulang ke Solo. Ini menunjukkan netralitasnya," ujar Tjahjo dalam Webinar bertajuk, Netralitas dan Kewaspadaan ASN dalam Pilkada serentak Tahun 2020, Senin (10/8/2020).

Diketahui Pilkada Solo diikuti oleh 2 pasangan calon, yaitu Gibran Rakabuming Raka-TeguhPrakosa diusung oleh sejumlah partai termasuk PDIP. Sementara, pesaingnya, yaitu Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) maju dari jalur perseorangan. (*)