Anies Baswedan: Sumbar Kampung Pendiri Negara


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda sangat terimajinasi dengan Sumatera Barat, karena ia berpendapat Ranah Minang kampungnya para Pendiri Negara. Hal tersebut disampaikannya langsung pada rombongan study tiru Komisi Informasi dan wartawan Sumatera Barat, Selasa (5/11/2019) di ruang kerjanya.

Ketika Anies masih menjadi mahasiswa di Yogyakarta, ia selalu berkhayal untuk dapat datang dan melihat langsung Sumatera Barat, karena banyak pendiri negara Indonesia berasal dari daerah ini, seperti Bung Hatta, Buya Hamka, Natsir dan banyak lagi lainnya.

Ketika itu, Anies menabung uang sakunya untuk menggapai angannya sampai ke Ranah Minang. Dengan menumpang sebuah bus, akhirnya ia sampai juga ke Bukittinggi.

“Dalam khayalan saya waktu itu, jam gadang merupakan jam yang amat besar, setelah saya lihat langsung ternyata tidak sama seperti khayalan saya,” ungkap Anies sambil tertawa renyah.

Ditambahkannya, selain berkhayal tentang alam Sumatera Barat, ia juga berfikir kenapa daerah ini bisa menghasilkan banyak pendiri negara, tentunya pendidikan dan daerahnya sudah lebih maju dari daerah lain kala itu.

“Kita harus mengakui, daerah Sumatera Barat adalah kampungnya pendiri bangsa ini, karena mayoritas team diplomasi untuk kemerdekaan berasal dari darah ini,” tegasnya lagi.

Rombongan KI dan Wartawan serta nara sumber yang berjumpah 25 orang tersebut, diterima langsung Anies, padahal protap DKI Jakarta selama ini, ruangan tersebut hanya untuk rapat khusus antara Gubernur dengan SKPD.


Drian Tuswandi, SH, Ketua KI Sumbar menyikapi keramahan Anies dalam menerima rombongan, cukup tertegun, karena dengan kesibukan dan jadwal yang padat masih sempat menerima dan berçengkrama dengan rombongan dari Sumatera Barat tersebut.

“Saya sangat kaget, karena biasanya untuk menerima rombongan dari daerah manapun Gubernur DKI selalu mendelegasikan pada SKPD terkait, namun kali ini kami diterima langsung dengan khasnya Anies,” ungkap Adrian yang kerap disapa Toaik.

Dijelaskannya pula, rombongan diberi kesempatan berdialog dan menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan informasi publik di DKI Jakarta, dengan senyum serta canda Anies menjawab tampak seperti akrab.

“Kita terasa sangat akrab dengan Anies, beliau menjawab rileks apa yang kami tanyakan, sepertinya sudah saling mengenal lama,” tambah Adrian.

Sebelum meninggalkan kantor Balai Kota DKI Jakarta, rombongan masih sempat ber-swa fotto dengan Gubernur Anies Baswedan, semua dilayaninya dengan tawa.

(Sumber: Relasipublik)

loading...